Apakah Dengan Bermain Basket Bisa Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat?

Apakah Dengan Bermain Basket Bisa Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat?

Rate this post

Apakah Dengan Bermain Basket Bisa Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat? – Mempunyai tubuh yang tinggi tentunya memang sangat menyenangkan, karena dapat meningkatkan rasa percaya diri. Banyak sekali cara untuk meninggikan badan, salah satunya dengan olahraga.

Untuk itulah, bila ingin tinggi badan kamu bertambah dapat melakukan olahraga agar tinggi badanmu cepat naik.

Olahraga apa saja yang dapat membantu menambah tinggi badan dirumah? Banyak sekali macam olahraga yang bisa menambah tinggi badan. Olahraga yang dilakukan tersebut akan menggerakkan otot-otot dan berkontraksi sehingga membantu Anda untuk meninggikan badan dengan cepat.

Namun, banyak orang bilang bahwa olahraga seperti basket yang bisa membantu dalam menambah tinggi badan dengan cepat. Tidak heran, banyak orang tua yang memberi anjuran anaknya, khususnya anak laki-laki umumnya untuk bermain basket.

Akan tetapi, apakah hubunganya bermain basket dengan tinggi badan? Apakah dengan gerakan loncat saat bermain basket bisa menjadi alasan mengapa basket bisa menambah tinggi badan. apakah hal ini benar? Coba baca penjelasannya berikut.

Apakah Dengan Bermain Basket Bisa Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat?

Bermain Basket Bisa Menambah Tinggi Badan
https://silvislippi25.wordpress.com

Banyak orang berpikir jika dengan bermain basket bisa menambah tinggi badan atau membuat lebih tinggi. Tetapi, tampaknya hal ini masih diragukan.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa melompat ketika main basket dapat membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan dan hormon inilah yang memicu pertumbuhan tinggi badan.

Akan tetapi, kenyataanya ialah ketika tubuh Anda berlari dan melompat secara konstan, lempeng pertumbuhan Anda akan mengalami serangkaian guncangan. Hal ini bisa menyebabkan banyaknya aliran darah ke dalam lempeng tersebut yang membantu menstimulasi pertumbuhan hingga mencapai tinggi maksimal.

Melompat bisa meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh yang bekerja ketika melompat seperti kaki dan tulang belakang, sehingga juga bisa membantu menambah tinggi badan.

Dikala bermain basket, seorang atlet mesti melompat sepanjang waktu untuk slam dunk, melempar bola, serta mengambil bola dari lawan. Loncatan konstan ini membuat tubuh Anda “terbang” secara vertikal di udara dengan melawan gravitasi.

Hal tersebut mengakibatkan peregangan otot dan dikala menyentuh tanah, tubuh akan mengalami kontraksi. Hal inilah yang menjadikan otot dan tulang bisa tumbuh lebih tinggi lagi.

Mungkin pendapat tersebut benar, tetapi bukan berarti bermain basket bisa langsung membuat tinggi badan Anda bertambah dan lebih tinggi.

Basket dan tinggi badan tidak mempunyai hubungan langsung. Namun yang rajin main basket bisa saja tidak lebih tinggi ketimbang orang yang tidak main basket. Hal ini bisa terjadi karena memang tinggi badan seseorang diberikan akibat oleh banyak faktor, tidak hanya dari main basket.

Namun demikian, Anda direkomendasikan untuk melakukan olahraga (tidak cuma basket) sebagai upaya untuk membantu pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tinggi badan.

Baca juga : keuntungan memiliki postur badan yang tinggi

Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Tinggi Badan?

Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan, mulai dari faktor yang tidak dapat Anda ubah sampai pada faktor yang dapat Anda perbaiki. Selain dengan bermain basket, kombinasi antara beberapa faktor gen, nutrisi, dan hormon pertumbuhan yang bagus juga bisa menciptakan pertumbuhan tinggi badan yang optimal.

Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi tinggi badan, adalah :

  • Genetika atau keturunan

Hal ini merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi tinggi badan Anda. Genetika dapat Anda temukan dari kedua ayah dan ibu Anda. Bila kedua orangtua Anda mempunyai badan yang tinggi, maka Anda bisa mempunyai peluang lebih besar untuk dapat tinggi dan juga hal ini dapat terjadi sebaliknya.

  • Hormon dalam tubuh

Hormon dalam tubuh tentu bisa mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan yang Anda punya. Pertumbuhan tulang sangat erat kaitannya dengan hormon, secara khusus hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan bisa dilepaskan oleh tubuh ketika Anda melakukan kegiatan, seperti berolahraga dan saat Anda tidur.

  • Asupan gizi yang dipenuhi setiap hari

Nutrisi yang Anda peroleh dari sejak kecil, bahkan sejak Anda berada dalam kandungan ikut serta mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan Anda. Gizi yang kurang terpenuhi dapat menyebabkan pertumbuhan tulang Anda terhambat.

Sebaliknya, gizi yang cukup sejak kecil bisa mendukung pertumbuhan tulang Anda sehingga, Anda dapat mencapai tinggi badan maksimal. beberapa nutrisi yang mempengaruhi pertumbuhan tulang yaitu kalsium, fosfor, seng, magnesium, dan kromium.

Nah, untuk mencukupi kebutuhan gizi tersebut anda bisa memenuhinya dengan berbagai bahan makanan seperti daging ayam, ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau dan susu.

Khusus untuk susu yang sangat disarankan dan merupakan susu yang baik untuk mendukung proses pertumbuhan tinggi badan yaitu susu peninggi badan tiens yang sangat aman dan alami tanpa efek samping.

  • Olahraga dengan rutin

Upayakan untuk selalu berolahraga apa saja ketika remaja, sebelum pertumbuhan tinggi badan Anda mengalami stagnasi (berhenti). Usia remaja ialah kesempatan terakhir Anda untuk memperbaiki tinggi badan yang Anda miliki.

Karena sesudah remaja, pertumbuhan tulang untuk tumbuh memanjang akan berhenti. Dengan melakukan olahrga anda akan memiliki tinggi badan yang optimal. Olahraga yang dapat Anda lakukan selain basket yakni berenang, voli, yoga, dan lainnya.

  • Tidur dengan cukup

Tahukah Anda bahwa hormon pertumbuhan yang mensupport pertambahan tinggi badan banyak dilepaskan pada ketika Anda tidur lelap. Tidak heran, anak membutuhkan tidur lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa.

Karena ketika tidur, tubuh anak banyak mengerjakan pertumbuhan. Penuhi kebutuhan tidur ini dengan waktu sekitar 7-9 jam setiap hari.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, olahraga yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan tinggi badan bukan hanya basket saja. Namun, ada banyak sekali olahraga yang dapat anda gunakan sebagai selingan untuk menambah tinggi badan selain bermain basket.

Apasaja olahraga yang sangat disarankan untuk dikerjakan? Seperti dijelaskan diatas, olahraga berenang, voli, yoga, dan lainnya dapat digunakan sebagai cara untuk menambah tinggi badan. untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut.

Berikut Olahraga Untuk Menambah Tinggi Badan Yang Dapat Dicoba Dirumah

Nggak perlu ribet, dibawah inilah gerakan olahraga yang tepat sasaran untuk meninggikan badan dan bisa dilaksanakan di rumah. Berikut ini ada beberapa olahraga peninggi badan yang terbukti tepat sasaran untuk kamu lakukan. Penasaran seperti apa saja olahraganya? Yuk simak artikel dibawah ini.

  • Olaharaga Berenang

Berenang ialah olahraga lain yang banyak membantu dalam mendapatkan tubuh yang tinggi. Perenang di seluruh dunia mempunyai tubuh yang ramping dan tinggi (dengan tubuh bagian atas yang lebih panjang dibandingkan dengan bagian bawah tubuh).

Hal itu disebabkan karena berenang dapat membantu Anda untuk memperkuat tulang belakang tubuh dan membantu untuk mendapatkan perawakan tubuh yang bagus. Oleh karena itu, berenang yakni salah satu cara yang bisa membuat tubuh kita lebih tinggi.

Dikala Anda berenang, semua otot tubuh Anda akan bergerak. Saat itu, Anda akan mengambang secara horizontal di air. Bergerak di dalam air sangat dibutuhkan energy yang lebih besar jika dibandingkan bergerak di udara, dan dengan bergerak secara horizontal Anda telah melawan gravitasi.

Ini berarti dada dan tubuh komponen atas Anda secara konstan mengerjakan peregangan dan kontraksi yang dapat meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas.

  • Olahraga Bersepeda

Bersepeda ialah olahraga yang disukai hampir semua orang. Selain dapat membantu meningkatkan stamina Anda, bersepeda juga membuat Anda lebih tinggi.

Karena ketika Anda bersepeda, tubuh bagian bawah Anda melakukan tugas yang berat. Sehingga hal ini bisa meningkatkan aliran darah pada lutut dan otot paha yang menstimulus pertumbuhan.

Bersepeda juga akan membuat paru-paru Anda bekerja keras untuk memasok darah yang kaya akan oksigen ke semua bagian tubuh Anda. Selain ini juga dapat membantu memperkuat tubuh bagian atas dan membantu dalam pertumbuhan.

  • Bermain Sepakbola

Bermain sepakbola bisa menstimulus pertumbuhan Anda, juga membantu Anda untuk tumbuh lebih tinggi secara alami. Sepakbola memang diperlukan banyak berlari, sehingga hal itu sangat penting untuk proses menambah tinggi badan. Dikala Anda berlari, Anda meregangkan otot lutut dan paha yang membantu untuk mencapai tubuh yang tinggi.

Bermain sepakbola juga memerlukan banyak melompat dikala menyundul bola dan gerakan ke samping untuk menggiring bola dan menghindari lawan. kegiatan ini membantu lempeng pertumbuhan mendapatkan darah yang kaya akan oksigen dan hormon pertumbuhan.

  • Berlatih Yoga

Memanjangkan dan meregangkan tubuh saat memutar otot dan tulang dalam bermacam gerakan yoga telah ditemukan dapat menjadi metode yang bagus untuk menambah tinggi badan sebagian sentimeter.

Beberapa pose yoga seperti mountain pose, triangle pose, tree pose, Surya Namaskar, Adho Mukha Syanasana, Chakrasana, dan pose lainnya bisa membantu dalam membetuli perawakan tubuh serta menambah tinggi badan seseorang.

Sifat penghilang stres dari pernafasan yoga telah ditemukan dapat menjadi metode yang baik untuk melepas stres dan ketegangan pada otot dan sendi. Hormon pertumbuhan dapat mengalir lebih baik melalui tubuh dikala tubuh dalam keadaan santai.

  • Bermain Lompat tali

Lompat tali merupakan cara lama untuk menambah tinggi badan. Pada olahraga lompat tali (skipping rope), Anda diwajibkan untuk melompat terus menerus dan menggunakan tubuh Anda di udara. Melompat memanjang dapat membantu tubuh Anda untuk meregang dan berkontraksi sehingga membantu Anda untuk meninggikan badan.

Ada banyak syaraf yang berasal dari telapak kaki yang terhubung dengan tubuh bagian atas Anda. Saat Anda memutar tali, otot akan meregang dan berkontraksi sehingga menjadikan hormon pertumbuhan ke semua tempat tubuh, termasuk tubuh bagian bawah. Selain itu, hal ini akan menjadikan Anda tambah tinggi.

  • Bergelantungan

Anak sangat menyenangi untuk bergelantung di palang yang umum terdapat di taman dan di sekolah. Latihan menyenangkan ini dapat membantu meluruskan dan memanjangkan tulang belakang. Bergelantungan mendorong anak Anda untuk melakukan banyak pull-up. ini juga dapat dikerjakan di rumah, tetapi pastikan bahwa palang yang digunakan seharusnya bisa menjadikan tubuh anak Anda bergelantung sepenuhnya di atas tanah.

Waktu untuk bergelantungan yaitu dengan menjalankannya tiap 10 menit per hari. Buat anak Anda untuk menjalankan pull-up atau chin-up selama 10 kali.

Nah, itulah apa olahraga untuk meninggikan badan yang dapat dicoba di rumah. Menjadi tinggi tidak hanya berdampak pada kepribadian, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri.

Menambah tinggi badan tidak akan bisa dijalankan dengan satu usaha saja, tapi dengan menggabungkan olahraga, peregangan, dan makanan yang bernutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

Nah, itulah salah satunya cara yang baik untuk menambah tinggi badan dengan menjalankan olahraga dan diet sehat. Demikianlah jawaban dari Apakah Dengan Bermain Basket Bisa Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat? Semoga berkhasiat.

Sumber :

  • https://hellosehat.com
  • https://www.wajibbaca.com
( Dapatkan Harga Promo ) Info & Order di WhatsAppChat Sekarang
WhatsApp chat