Apakah Tinggi Badan Masih Bisa Bertambah Di Usia 22 Tahun Ke Atas?

Apakah Tinggi Badan Masih Bisa Bertambah Di Usia 22 Tahun Ke Atas?

Rate this post

Apakah Tinggi Badan Masih Bisa Bertambah Di Usia 22 Tahun Ke Atas? – Memiliki tinggi badan yang pas yaitu dambaan tiap orang. Badan yang tinggi akan membuat seseorang menjadi menarik dan lebih percaya diri.

Karena memiliki tubuh yang tinggi dan juga pas adalah salah satu idaman buat wanita ataupun pria. Apalagi saat ini tinggi badan juga bisa menjadi suatu tolak ukur untuk penampilan yang total dan menawan.

Menambah tinggi badan sebelum usia 18 tahun hakekatnya akan lebih mudah. Sebab, jenjang usia tersebut ialah fase pertumbuhan. Sesudah umur 22 tahun, pertumbuhan biasanya terhambat.

Oleh karena itu, untuk meninggikan badan pada umur 22 tahun kemungkinan adalah salah satu hal yang sangat sulit untuk kamu lakukan. Maka dari itu, bnayak orang yang bertanya-tanya apakah di usia 22 tahun tinggi badan masih bisa bertambah? Cari tahu disini.

Apakah Tinggi Badan Masih Bisa Bertambah Di Usia 22 Tahun Ke Atas?

Perlu diketahui, tulang akan berhenti tumbuh pada usia 18 tahunan untuk wanita dan 20 tahunan untuk pria. Sangat sulit untuk menambah tinggi badan sesudah usia 22 tahun. Sebab tulang sudah berhenti tumbuh pada usia ini.

Pakar bedah tulang dari Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi Indonesia, Dr. Andito Wibisono Sp.OT, FICS, menjelaskan bila pusat pertumbuhan tinggi badan berada pada lempeng epiphyseal plate yang berlokasi di ujung tiap-tiap tulang panjang.

Apabila lempeng ephiphyseal menutup, maka pertumbuhan tinggi badan ikut serta berhenti.

“Pada umumnya, lempeng epiphyseal ini berhenti berkerja dikala seorang wanita berusia 16 tahun dan pria berusia 18 tahun. Optimalnya usia 20-21 tahun,” kata Dr. Andito.

Lalu, apakah orang dewasa masih bisa menambah tinggi badan ? Tadi sudah dibahas mengenai pertumbuhan tinggi badan mulai berhenti saat usia 20-21 tahun. Namun, meskipun sudah menjelang umur dewasa, sebetulnya masih bisa menambah tinggi badan dengan cara yang ampuh untuk mengoptimalkannya.

Sebab tinggi badan tidak dipengaruhi oleh factor genetic saja, oleh sebab itu apabila anda mau meninggikan badan pada dikala umur 22 tahun keatas mesti mengoptimalkan aktifitas fisik dan asupan gizi yang mencukupi.

Sebenarnya ada progres untuk menambah tinggi badan yang instan, tapi dengan jalan operasi. Lebih singkatnya, dokter akan mematahkan kaki pasien, menyimpan implan, dan butuh waktu pemulihan yang cukup lama.

Operasi ini juga memiliki risiko tinggi dan tingkat proses yang susah. Tidak sembarang dokter yang bisa mengerjakannya. Dampaknya, biaya yang harus dikeluarkan pasti mahal.

Sebenarnya, prosedur memanjangkan kaki telah banyak dikerjakan, namun murni untuk tujuan medis, misalnya menyelesaikan deformitas tungkai atau cedera. Namun, sekarang operasi tersebut justru popular untuk tujuan kosmetik.

Spesialis bedah tulang dari Rumah Sakit Pantai Menawan Kapuk, Dr. Nicolaas C. Budhiparama F.I.C.S, menambahkan bila belum ada teknik non-operasi yang terbukti secara ilmiah dapat menambah tinggi badan pada orang dewasa usia 22 tahun keatas.

 “Untuk menambah tinggi badan seharusnya dilakukan ketika pertumbuhan tulang sedang cepat alias sebelum umur 16-18 tahun. Dengan catatan, teknik tersebut harus mempunyai bukti ilmiah yang asli dan aman,” ujar Dr. Nicolaas.

Akan tetapi, ada juga bukti bahwa dengan cara alami juga bisa menambah tinggi badan. Kamu bisa mencontoh tips menambah tinggi badan untuk umur usia 22 tahun keatas dibawah ini.

Cara Alami Menambah Tinggi Badan Di Usia 22 Tahun Ke Atas

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan tinggi badan yang alami dan terbukti ampuh, diantaranya :

1.Berolahraga Secara Rutin

Berolahraga Secara Rutin
https://lifestyle.kompas.com

Cara meninggikan badan usia 22 tahun secara ampuh, cepat dan aman yang pertama yaitu dengan melakukan berolahraga secara rutin. Olahraga memang menjadi salah satu cara yang sangat pas untuk meninggikan tinggi badan kamu.

Kenapa bisa terjadi? Sebab dengan kamu berolahraga dapat merangsang tulang dan juga merangsang otot untuk selalu bergerak aktif dan juga akan membuat tulang mengalami pertumbuhan dengan signifikan.

Kamu juga bisa menjalankan olahraga dengan rutin minimal 2-3 kali dalam seminggu. Dengan mengerjakan olahraga ringan akan sangat direkomendasikan secara teratur.

Tidak usah yang berat buat olahraga cukup lari atau yang lain dalam melaksanakan olahraga yang menyokong tinggi badan, serta usaha yang kamu lakukan supaya tetap konsentrasi supaya hasil nya maksimal. Contoh olahraga yang dapat menambah tinggi badan, yaitu :

  • Lompat tali
Lompat tali
https://www.cakapcakap.com

Lompat tali merupakan salah satu olahraga yang paling mudah untuk menambah tinggi badan. Melompat secara konstan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu pertumbuhan otot-otot tubuh komponen bawah.

  • Latihan bergantung pada bar vertikal

Bar vertikal ini umumnya terdapat di tempat gym. Berpegang pada bar vertikal dan bertumpu pada alat ini akan membantu menambah tinggi badan Anda. Bila Anda melakukan ini di usia yang lebih muda, tulang belakang dan tulang punggung akan tumbuh dengan cepat.

  • Yoga dengan pose Cobra
Yoga dengan pose Cobra

Yoga dengan pose ‘Cobra’ ialah telangkup kemudian mengangkat bagian dada. Pakai kedua tangan untuk bertumpu di lantai dan menopang bagian depan tubuh Anda di lantai.

Pose ini mirip ular yang sedang mengangkat kepalanya. Latihan ini dapat membantu otot-otot tubuh bagian atas lebih renggang dan tumbuh lebih panjang.

  • Peregangan sambil berdiri tegak

Cobalah untuk berdiri tegak, bergantung pada kedua kaki dan mengangkat tangan di atas kepala. Regangkan tangan ke atas sejauh yang Anda dapat. Dengan melakukan olahraga ini dengan rutin membantu otot dalam tubuh meregang dan tumbuh.

  • Gerakan menendang
Gerakan menendang

Dalam seni bela diri, gerakan menendang ialah latihan pemanasan yang sangat penting. Berdiri diam di satu tempat, jaga posisi paha tetap lurus, dan mulailah menendang dengan jangkauan sejauh mungkin. Latihan seperti ini membantu pertumbuhan bagian bawah kaki Anda.

  • Lari Pagi (Jogging)

Lari juga yakni salah satu olahraga yang baik untuk membuat otot-otot pada tubuh bergerak dan tumbuh. Hal ini juga bisa menjadi metode yang bagus untuk menjaga kebugaran Anda. Bonusnya, siapa tahu angka di timbangan juga ikutan turun.

2. Penuhi Istirahat Dengan Cukup

Istirahat Dengan Cukup
https://panrita.news

Kedua, cara meninggikan badan usia 22 tahun keatas secara ampuh dan aman yaitu dengan istirahat yang cukup. Sangat dianjurkan untuk kamu mengerjakan istirahat tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya. Terbukti sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kamu.

Selain itu juga bisa membuat tubuh kamu menjadi sangat berstamina dan mengembalikan tenaga yang loyo. Terbukti dapat juga untuk meninggikan tinggi badan kamu.

Dengan kamu beristirahat dengan cukup maka tubuh kamu akan memproduksi hormon pertumbuhan yang akan membuat tinggi badan kau dapat bertambah. Nah untuk itulah, sangat di usahakan untuk istirahat dengan cukup.

3. Menjaga Pola Kebiasaan Tubuh

Menjaga Pola Kebiasaan Tubuh
https://hellosehat.com

Kebiasaan membungkuk ketika duduk cenderung membuat posisi tulang belakang menjadi tidak normal dan otot menjadi lemah. Hal ini bisa membuat tubuh terlihat lebih pendek dari yang seharusnya.

Tegakkan punggung dan tarik pundak ke belakang. Lalu, duduk dengan lama, usahakan untuk berdiri dan bergerak setidaknya tiap-tiap-tiap 30 menit sekali.

Selain itu, pada saat tidur di atas tempat tidur yang menyangga tulang punggung dengan bagus sebab 1/3 dari hidup Anda akan dihabiskan di atas tempat tidur. Jika Anda tidur menyamping, tempatkan bantal di bawah kepala dan di antara dua kaki untuk menjaga agar tulang punggung Anda tetap lurus.

4. Mengonsumsi Makanan Yang Bernutrisi Tinggi

Makanan Yang Bernutrisi Tinggi
https://www.wanita.me

Keempat, cara meninggikan badan usia 22 tahun secara ampuh dan aman yaitu dengan memakan makanan yang bernutrisi. Makanan yang bernutrisi tinggi memang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, tidak hanya untuk membentuk tinggi badan menjadi tinggi.

Akan tetapi, untuk meninggikan tinggi badan kamu memakan makanan yang dikonsumsi berupa makanan yang mengandung kalsium yang sangat tinggi, dan juga mengandung vitamin D, serta mengandung mineral yang cukup.

Nah makanan yang berkalsium dan juga bernutrisi tinggi dapat buat kamu memiliki tubuh yang tinggi pas dengan menjaga asupan makanan yang bernutrisi. Apasaja makanan yang bernutrisi tersebut?

  • Minum susu
Minum susu
https://jogja.tribunnews.com

Susu adalah minuman peninggi badan yang memberikan kalsium serta vitamin D. Susu juga mengandung vitamin A yang bisa menambah asupan kalsium dalam tubuh. Bila kamu sedang dalam masa remaja, sangat baik mengkonsumsi susu bebas yang rendah lemak dan juga mengandung protein.

Susu dapat meningkatkan pertumbuhan otot tanpa lemak dan membuat tulang lebih kuat. Susu juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat.

Susu bukan menjadi substitusi makan, tetapi harus dilengkapi dengan konsumsi susu. Pastikan dalam sehari meminum minimal dua gelas susu. salah satu susu yang baik dan aman dikonsumsi yaitu susu tiens peninggi badan.

  • Memakan buah-buahan dan sayuran
Memakan buah-buahan dan sayuran
https://hellosehat.com

Selain bisa membantu menambah tinggi badan, buah-buahan dan sayuran juga berperan penting dalam gaya hidup sehat. Karena ialah sumber vitamin, serat, kalium, dan folat.

Buah-buahan seperti melon, jeruk, pepaya, mangga, markisa, semangka dan aprikot banyak mengandung vitamin A yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan jaringan.

Sedangkan, sayuran menjadi alternatif sehat untuk meningkatkan perkembangan tubuh. Makanan ini mengandung zat besi, magnesium, vitamin K, vitamin B, vitamin A dan sebagian mineral penting lainnya yang sangat berkhasiat untuk menambah tinggi badan.

Sayuran seperti brokoli, bayam, kembang kol, kangkung, kacang-kacangan, wortel sampai bit juga bisa menjadi asupan nutrisi yang cukup untuk perkembangan tubuh.

Vitamin A juga sangat penting untuk sintesis protein sedangkan vitamin K dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Konsumsi sayuran berbagai macam warna agar tetap sehat dan dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan.

Karena sayuran dan buah-buahan juga dikenal memiliki vitamin dan antioksidan yang tinggi. Vitamin A bisa ditemukan dalam sayuran seperti wortel, kacang polong, labu, brokoli, bayam, kubis, ubi jalar.

Selain itu, buah jeruk, buah berry, kentang dan tomat juga sangat mengandung vitamin C yang membantu pertumbuhan tulang yang sehat dan berkontribusi terhadap tinggi badan.

Selain itu, buah-buahan seperti jeruk, semangka, jambu biji serta buah naga dapat membantu meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

  • Memakan daging ayam dan sapi
Memakan daging ayam dan sapi
https://hellosehat.com

Daging ayam merupakan salah satu sumber protein tertinggi di antara makanan hewani lainnya. Oleh sebab itu, ayam menyediakan sejumlah besar protein bagi tubuh untuk membangun jaringan dan otot.

Seperti ayam, daging sapi juga yakni sumber protein yang tinggi. Tetapi juga mengandung lemak yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Anda harus mengontrol asupan makanan daging sapi. Sebab mengonsumsi daging sapi yang terlalu banyak akan menyebabkan terkena penyakit kolesterol.

  • Memakan telur
Memakan telur

Protein telur jadi salah satu gizi yang sehat. Telur memiliki kandungan protein yang diperlukan untuk pertumbuhan tinggi badan. Protein dihubungkan dengan pertumbuhan jaringan otot tanpa lemak dan menolong perkembangan tubuh secara keseluruhan.

Telur dapat di olah dalam pelbagai macam olahan, digoreng, direbus atau dijadikan campuran sup dan camilan. Telur bisa diolah juga dalam bermacam-macam-tipe olahan lauk, sup ayam, ayam goreng, ayam bakar yang dapat dipadukan dengan telor.

Nah, dengan membaca penjelasan diatas, kamu pasti sudah tahukan jawaban dari pertanyaan Apakah Tinggi Badan Masih Bisa Bertambah Di Usia 22 Tahun Ke Atas?

Nah, kamu juga tahukan bagaimana cara mengoptimalkan tinggi badan diusia 22 tahun kan! Semoga bisa menjadi pengetahuan kamu dan semoga bermanfaat yaa..

Sumber :

  • https://enjiner.com
  • https://health.detik.com
( Dapatkan Harga Promo ) Info & Order di WhatsAppChat Sekarang
WhatsApp chat