Berapa Rata-Rata Tinggi Badan Ideal Orang Dewasa Di Indonesia?

Berapa Rata-Rata Tinggi Badan Ideal Orang Dewasa Di Indonesia?

Rate this post

Berapa Rata-Rata Tinggi Badan Ideal Orang Dewasa Di Indonesia – Selama ini Anda mungkin telah berusaha keras menjaga berat badan dengan menimbang secara rutin. Tapi, sudahkah Anda melihat tinggi badan Anda?

Ya, panjang badan dari ujung kaki ke ujung kepala ikut berperan penting untuk menetapkan apakah berat badan Anda telah pas atau belum. Bahkan, bisa jadi Anda tidak sadar bahwa selama ini tinggi badan Anda masih kurang dan tidak cocok dengan usia Anda sekarang ini.

Karena itu, sering kali orang-orang akan mencoba mengendalikannya dengan sering menjaga tinggi badan. Namun, tahukah kamu? Berapa tinggi badan pas orang dewasa diindonesia? Berikut fakta-faktanya.

Berapa tinggi badan pas orang dewasa diindonesia
https://www.idntimes.com
  • Apabila dibandingkan dengan orang Eropa atau Amerika, orang Indonesia punya tinggi badan yang relatif lebih pendek

Hal ini menampilkan bahwa ras adalah faktor penting yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Diinformasikan dari jurnal Nature Genetics, sebanyak 60-80 persen tinggi badan seseorang diberi pengaruh oleh unsur keturunan.

  • Selain keturunan, tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh asupan nutrisi

Menurut dari jurnal Nature Genetics, sebanyak 20-40 persen tinggi badan manusia diatur oleh asupan nutrisi dan faktor lingkungan.

  • Tidak hanya berat badan, mengukur tinggi badan juga penting untuk mendeteksi risiko penyakit

Orang dewasa dengan tinggi badan kurang dari 160 cm ternyata lebih berisiko terkena penyakit jantung dan kardiovaskular.

  • Tinggi badan yang ideal itu ditetapkan oleh berat badan

Untuk mengukur tinggi badan yang ideal dapat dengan menggunakan kalkulator Body Mass Index (BMI).

  • Untuk memperoleh pengukuran tinggi badan yang tepat atau presisi, kamu dapat memakai microtoise

Mengukur tinggi badan juga bisa saja salah, apalagi jika dilakukan sendiri. Untuk lebih tepat, kamu dapat minta bantuan teman atau keluarga kamu. Kamu juga bisa menggunakan microtoise untuk hasil pengukuran yang lebih presisi dan tepat.

Untuk kamu yang mengharapkan tinggi badan yang sesuai dengan mimpimu, kamu bisa mencapainya dengan kebiasaan gaya hidup sehat dan makan makanan bergizi yang mengandung vitamin D, protein, dan kalsium. Kamu bisa mendapatkannya dengan banyak mengkonsumsi telur, daging, dan kacang-kacangan.

Berapa Rata-Rata Tinggi Badan Ideal Orang Dewasa Di Indonesia?

Berapa Rata-Rata Tinggi Badan Ideal Orang Dewasa
https://imambocahpacitan.blogspot.com

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tinggi badan orang dewasa di Indonesia tentu tidak sama dengan orang asal Amerika atau Eropa. Ya, orang Indonesia cenderung memiliki tubuh yang lebih pendek ketimbang orang Amerika.

Hal ini memperlihatkan bahwa ras dan keturunan yaitu satu dari beberapa faktor yang memengaruhi tinggi atau pendeknya tubuh seseorang.

Berdasarkan sebuah studi pada anak kembar dalam jurnal Nature Genetics tahun 2015, sebanyak 60-80 persen perbedaan tinggi pada tiap-tiap orang ditentukan oleh faktor keturunan. Sementara sisanya, yaitu 20-40 persen diatur oleh asupan nutrisi dan faktor lingkungan lainnya.

Bukan hanya berat badan saja, pengukuran panjang badan juga penting untuk mendeteksi risiko penyakit. Para ahli mengatakan, orang dewasa yang memiliki tubuh yang pendek (kurang dari 160 cm) bisa berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan kardiovaskular, daripada orang dewasa yang lebih tinggi.

Lalu, Berapa Idealnya Tinggi Badan Orang Dewasa Di Indonesia?

Berapa Idealnya Tinggi Badan Orang Dewasa Di Indonesia
https://hellosehat.com

Diinfokan dari Angka Kecukupan Gizi milik Kementerian Kesehatan RI, tinggi badan pas untuk pria di Indonesia usia 19-64 tahun merupakan 168 cm. Akan tapi, perlu dicatat bahwa angka ini tepat untuk pria dengan status gizi normal dan berat badan sekitar 60-62 kg.

Sementara itu, tinggi badan tepat untuk wanita di Indonesia umur 19-64 tahun ialah 159 cm. dengan catatan, angka ini sesuai untuk wanita dengan status gizi normal dan berat badan sekitar 54-55 kg.

Akan tetapi, mau bagaimanapun tinggi badan yang tepat tetap saja ditentukan oleh berat badan Anda. Hal itu juga sebaliknya berat badan tepat juga diberi pengaruh oleh tinggi badan.

Nah, untuk mengetahui pas atau tidaknya berat badan, Anda dapat menghitungnya dengan menggunakan kalkulator BMI seperti pada penjelasan sebelumnya.

Cara Mengukur Tinggi Badan Dengan Ideal Di Rumah

Cara Mengukur Tinggi Badan Dengan Ideal
https://seruni.id

Mengukur tinggi badan di rumah memang susah-susah gampang. Karena salah teknik sedikit saja, hasil pengukuranya dapat meleset dan tidak jitu. Hasilnya pun membuat Anda terlihat lebih tinggi atau lebih pendek dari yang semestinya.

Namun tenang saja, Anda bisa minta bantuan saudara atau keluarga untuk membantu mengukur tinggi badan Anda. Agar lebih mudah, pakai microtoise atau alat pengukur tinggi yang dipaku di tembok supaya akhirnya jitu.

Cara mengukur tinggi badan yang tepat yaitu sebagai berikut.

  • Berdiri dengan tegak membelakangi tembok vertikal yang lurus dan tidak terhalang oleh benda apa pun. Pastikan juga lantainya datar dan keras.
  • Lepas alas kaki, topi, ikat rambut, kepang rambut, atau aksesoris lainnya yang dapat mengganggu pengukuran. Benda-benda tersebut akan menghambat kepala Anda menempel pada tembok.
  • Pastikan bagian kepala, pundak, pantat, dan tumit Anda merekat pada permukaan tembok. Ini akan membantu Anda berdiri dengan tegak dan lurus.
  • Pandangan lurus ke depan.
  • Mintalah teman atau saudara Anda untuk menarik microtoise hingga menyentuh rambut dan tepat mengenai kepala. Bila tidak punya, Anda bisa meletakkan penggaris ke atas kepala dengan lurus, lalu berikan petunjuk pada tembok menggunakan spidol.
  • Ukur tinggi badan dari permukaan lantai hingga ke tanda di tembok memakai meteran atau pita ukur.
  • Catat hasil pengukuran.

Apa Yang Menyebabkan Tinggi Badan Rata-Rata Orang Indonesia Tidak Bisa Menyamai Orang Bule?

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan badan penduduk suatu negara pendek. Salah satunya adalah permasalahan genetika. Meskipun punya gen pendek, kita tidak perlu berkecil hati.

Karena terbukti tinggi rata-rata orang di suatu negara bisa bertambah tinggi asalakan dengan melakukan cara yang tepat. Seperti misalnya jepang, negeri Sakura ini pada abad ke-19 mempunyai rata-rata tinggi badan lebih rendah dari Tiongkok.

Tapi sekarang ini rata-rata tinggi badan orang Jepang mampu melampaui penduduk Tiongkok yaitu 171 sentimeter dibanding 167 sentimeter.

Apakah Yang Membuat Tinggi Badan Rata-Rata Orang Bisa Meningkat?

Apakah Yang Membuat Tinggi Badan Rata-Rata Orang
https://doktersehat.com

Jawabannya yaitu dengan perubahan gaya hidup dan salah satunya yakni faktor makanan yang dikonsumsi. Makanan yang mengandung gizi dan protein tinggi bisa membuat tinggi badan seseorang meningkat. Hal inilah yang terjadi pada Jepang.

Mungkin, waktu sebelum menjadi negara maju seperti saat ini, orang Jepang tidak mampu membeli makanan yang mengandung nutrisi tinggi. Hal itulah yang membuat tinggi rata-rata orang-orang jepang dahulu kalah dibanding Tiongkok.

Namun, setelah ekonomi negaranya maju dan tingkat tenaga beli masyarakat ikut serta meningkat yang dapat membeli makanan yang mengandung banyak nutrisi dan protein. Tinggi rata-rata masyarakat Jepang dapat meningkat melebihi Tiongkok.

Hal tersebut bisa menjadi pelajaran kita sebagai orang Indonesia yang mempunyai rata-rata tinggi badan pendek. Selain mengubah gaya hidup dan pola makan, kita juga bisa melakukan program meninggikan badan.

Namun dalam memasuki usia 18-20 tahunan, penambahan tinggi pada tubuh akan berhenti dan juga dapat menurun. Hal ini disebabkan karena lempeng pertumbuhan pada tulang telah menutup sehingga badan tidak dapat lagi bertambah tinggi.

Tapi tenang dahulu, Anda sebenarnya masih bisa mengoptimalkan pertumbuhan tinggi Anda dengan makan makanan yang mengandung vitamin dan mineral sejak kecil hingga remaja. Dengan memakan makanan yang mengandung tinggi vitamin D, kalsium, dan protein.

Vitamin D dan kalsium berperan penting untuk mengembangkan pertumbuhan gigi dan tulang. makanan sumber protein seperti daging, telor, dan kacang-kacangan juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang.

Ada banyak sekali cara meninggikan badan baik dengan mengkonsumsi obat-obatan, suplemen, ataupun menggunakan alat peninggi badan. Namun yang penting program yang dilakukan aman dan nyaman.

Cara Untuk Meninggikan Badan Secara Alami Yang Dapat Dilakukan Dirumah

Disebutkan bahwa, cara meninggikan badan di usia dewasa hanya dapat dilakukan menggunakan alat-alat tertentu yang diedarkan di pasaran.

Tunggu dulu, perlu diketahui ada banyak sekali cara meninggikan badan yang alami, walaupun usia sudah dewasa, diantaranya :

  • Mengkonsumsi makanan bergizi
Mengkonsumsi makanan bergizi

Umumnya, tulang yang semakin rapuh di umur dewasa dapat menjadikan perawakan tubuh kita kelihatan lebih bungkuk dan pendek dari seharusnya. Ini sebabnya tulang telah tak cukup kuat untuk menahan beban badan yang notabene terus bertambah.

Makanan sumber protein, vitamin D, dan kalsium merupakan alternatif terbaik untuk menjaga tulang konsisten kuat. Selain itu, susu sapi juga adalah nutrisi yang kaya akan kalsium.

Selain tinggi kalsium dan protein, susu juga mengandung hormon pertumbuhan bernama insulin-like growth factor-1 (IGF-1) yang penting untuk mendukung pertumbuhan panjang tulang.

Tetapi, kita tentu butuh jumlah asupan yang lebih banyak di umur dewasa ini. Kemenkes RI lewat rilis Angka Kecukupan Nutrisi tahun 2013 memberi saran orang dewasa mengkonsumsi 1.200 miligram kalsium per hari. ini bisa didapatkan dari makanan sehat dan suplemen kalsium.

Salah satunya supelemen kalsium yang sangat disarankan untuk dikonsumsi yaitu suplemen peninggibadan tiens buatan dari perusahaan tianshi yang sangat aman dan baik dikonsumsi.

  • Penuhi tidur dengan cukup
Penuhi tidur dengan cukup

Dikutip dari Healthline, tidur cukup setiap malam dapat menjadi metode meninggikan badan secara tidak langsung.

Selama tidur malam, tubuh akan melepaskan hormon pertumbuhan manusia (HGH). Produksi hormon ini akan berkurang kalau kita “hobi” begadang atau kurang tidur.

Orang dewasa rata-rata direkomendasikan untuk cukup tidur selama 7-8 jam setiap malam.

  • Memperbaiki postur tubuh
Memperbaiki postur tubuh

Perawakan tubuh manusia secara alami akan memendek kian usianya bertambah tua. Hal ini karena kepadatan tulang juga kian menurun sehingga rangka tubuh tidak lagi sekuat dahulu untuk menyangga muatan.

Beragam kebiasaan buruk yang kita lakukan sehari-hari tanpa sadar juga dapat membikin postur tubuh terlihat pendek. Semisal duduk, berdiri, dan berjalan membungkuk.

Maka dari itu, perbaikilah postur tubuh supaya tulang bekalang jadi lebih serasi sehingga perawakan menonjol lebih tinggi semampai. Memperbaiki postur tubuh juga dapat mencegah kita terhindar dari sakit kepala dan sakit punggung.

Bagaimana caranya?

  1. Tarik kedua bahu ke belakang tetap tegak dan paralel.
  2. Kencangkan otot perut ke arah tulang belakang
  3. Kepala tegak mengikuti bahu
  4. Berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu
  5. Lutut jangan ditekuk ketika berdiri.
  6. Biarkan lengan menggantung secara alami di samping.
  7. Bahu jangan menurun.

Sedangkan untuk menyesuaikan perawakan duduk, kau dapat mengerjakan beberapa hal berikut:

  1. Usahakan saat duduk di kursi kantor, kaki menapak rata pada permukaan lantai.
  2. Sesuaikan agar paha sejalan dan kaki konsisten menapak di lantai
  3. Hindari menyilangkan kaki saat duduk.
  4. Topang punggung pakai bantal kecil agar tidak membungkuk tanpa disadari.
  5. Istirahatkan bahu bila pegal dengan sandarkan bahu pada sangkalan tempat duduk.
  • Olahraga secara rutin dan teratur
Olahraga secara rutin dan teratur

Olahraga juga merupakan hal yang penting untuk kamu lakukan, tujuannya ialah untuk menstimulus dan mengoptimalkan kinerja hormon dalam tubuh. Dengan demikian, bisa membuat tubuh sehat dan bugar.

Olahraga yaitu hal penting untuk dilakukan karena bisa memperkuat tulang dan melatih otot-otot supaya lebih kuat dan lentur untuk digerakan.

Beberapa olahraga terbukti dapat menambah tinggi badan dengan ampuh. Karena gerakan yang dilakukan yaitu gerakan meloncat-loncat yang dapat menstimulasi tulang untuk tumbuh dan berkembang.

Beberapa olahraga yang bisa kamu lakukan yaitu olahraga basket, bulu tangkis, voli, sepakbola yakni olah raga yang benar-benar bertumpu pada tinggi badan seseorang. Gerakan-gerakan olahraga tersebut didasari oleh loncatan loncatan.

Dengan kata lain sekiranya kita rutin menjalankan olahraga ini, selain tubuh terstimulus untuk memanjang dengan gerakan loncatan. Olahraga ini juga menyenangkan karena dikerjakan dengan metode beregu/regu.

Selain itu, pada dikala berenang, seluruh badan mengalami peregangan khususnya bagian tubuh yang benar-benar penting termasuk jantung. Selain itu, gerakan renang melibatkan segala otot didalam tubuh karena dikerjakan dengan melawan tekanan air.

Skipping merupakan salah satu olahraga yang berguna untuk melatih tulang untuk menerima beban. Pembebanan inilah yang memicu terbentuknya sel-sel tulang yang baru.

Skipping adalah ragam olahraga dimana gerakannya adalah mengerjakan gerakan loncatan sambil mengayunkan tali memutar via ujung kepala dan kaki.

Kian banyak kita meloncat-loncat maka pertumbuhan tulang semakin kencang. Terbukti juga bahwa skipping bagus bagi kesehatan jantung dan paru paru.

Hanging juga adalah gerakan menggantung dengan kedua tangan ini yang amat memberi pengaruh tulang punggung. Bila dilaksanakan secara intensif dan tetap, bisa menstimulus pemanjangan tulang punggung.

Cara menambah tinggi badan dengan olahraga bisa diakhiri dengan olahraga stretching. Variasi olahraga ini dapat menolong untuk membenarkan perawakan tubuh tetap tegap.

Stretching ialah gerakan meregangkan badan supaya bagian-bagian tubuh kita meregang dan memanjang. Jikalau gerakan ini dilaksanakan secara rutin maka bisa membantu mempercepat progres pertumbuhan tinggi badan yang natural.

  • Hindari kebiasaan begadang tiap malam
Hindari kebiasaan begadang tiap malam
https://hellosehat.com

Untuk menyempurnakan proses pertumbuhan tinggi badan, kamu bisa memegang pola istirahat kau dengan benar.

Hal ini juga sangat penting, sebab pengerjaan pertumbuhan tinggi badan manusia terjadi pada dikala sedang tertidur pulas. Usahakan untuk tidur maksimal 8 jam perhari agar pengerjaan pertumbuhan dapat kian baik.

Dari hal ini kita tahu bahwa pola tidur sangat berhubungan dengan metode meninggikan badan dengan natural. Oleh sebab itu, hindarilah tradisi begadang ini.

Hal tersebut diukur karena sangat penting karena akan berimbas pada kesehatan secara awam, yang dapat memungkinkan pengerjaan tumbuh kembang berlangsung secara maksimal.

Dengan membaca penjelasan diatas, kamu pasti sudah tahukan Berapa Rata-Rata Tinggi Badan Ideal Orang Dewasa Di Indonesia dan bagaimana cara mengoptimalkan tinggi badan yang aman dan efektif. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Sumber :

  • http://hellosehat.com
  • http://www.idntimes.com
  • http://lifestyle.kompas.com
( Dapatkan Harga Promo ) Info & Order di WhatsAppChat Sekarang
WhatsApp chat