Tips Bagaimana Cara Tidur Yang Baik Untuk Menambah Tinggi Badan?

Tips Bagaimana Cara Tidur Yang Baik Untuk Menambah Tinggi Badan?

Tips Bagaimana Cara Tidur Yang Baik Untuk Menambah Tinggi Badan? – Tubuh yang tinggi memang banyak didambakan oleh orang-orang, terutama bagi kalangan remaja. Kaitannya antara tidur (tidur siang dan tidur malam) dapat menambah tinggi badan, apakah buktinya benar?Tubuh pasti memerlukan yang namanya waktu istirahat untuk menormalkan kembali pikiran atau daya ingat yang ada di otak dan agar dapat dipakai lagi sewaktu kita terbangun dari tidur.Tidak cuma mengistirahatkan otak saja, dengan tidur seperti tidur siang atau tidur malam juga bisa mengistirahatkan tubuh. Supaya dikala terbangun tubuh menjadi kembali segar dan bertenaga untuk melakukan aktivitas tiap harinya.Untuk membuat tinggi badan yang efektif, tentu memerlukan banyak faktor seperti olahraga, gaya hidup yang sehat, pola makan yang baik dan istirahat tubuh. Lalu, apakah memang terbukti benar jika dengan tidur, tubuh dapat tinggi?

Benarkah Tidur Dapat Menambah Tinggi Badan ?

Benarkah Tidur Dapat Menambah Tinggi Badan
https://www.yesdok.com
Menurut dari suatu penelitian yang telah dilakukan, ditemukan bila ada bukti proses pertumbuhan tinggi badan manusia itu terjadi atau berlangsung di saat manusia sedang beristirahat atau sedang tidur, baik itu tidur siang atau tidur malam.Pada waktu saat manusia tidur, hormon yang berkaitan dengan pertumbuhan atau perkembangan badan umumnya akan bekerja dengan lebih optimal bila dibandingkan ketika manusia sedang menjalankan kegiatan atau aktivitas.Sementara itu, berdasarkan dari penuturan masyarakat umum yang tengah berupaya dalam memaksimalkan proses pertumbuhan tinggi badan itu sendiri, mereka cenderung menemukan atau mendapati suatu fakta yang menarik kalau di pagi hari selepas bangun tidur, tinggi badan mengalami pertambahan.

Faktor Yang Memppengaruhi Kinerja Hormon Pertumbuhan

Hormon pertumbuhan ini mampu menstimulus proses kinerja biologis yang ada pada darah, organ, otot dan juga tulang yang diperlukan untuk menambah tinggi badan. Ada banyak hal yang memberi pengaruh kinerja hormon pertumbuhan itu sendiri, seperti :
  • Asupan gizi
  • Olahraga yang teratur
  • Tidur atau beristirahat
  • Stres
Hormon pertumbuhan bekerja sepanjang hari tetapi ada masa atau ada kalanya di mana kadar hormon pertumbuhan yang paling tinggi merupakan ketika setelah tidur, tidur menjelang fase tidur dalam.

Durasi Waktu Tidur Berdasarkan Jangka Usia

Berdasarkan dari rekomendasi The National Sleep Foundation (NSF), berikut ini durasi waktu tidur, berdasar dari jangka usia yang direkomendasikan :
  • Saat masih berusia 0 – 3 bulan : 14 – 17 jam per hari
  • Memasuki usia 4 – 11 bulan : 12 – 15 jam per hari
  • Ketika usia 1 – 2 tahun : 11 – 14 jam per hari
  • Dan pada usia 3 – 5 tahun : 10 – 13 jam per hari
  • Anak-anak yang berusia 6 – 13 tahun : 9 – 11 jam per hari
  • Saat remaja usia 14 – 17 tahun : 8 – 10 jam per hari
  • Orang dewasa usia 18 – 25 tahun : 7 – 9 jam per hari
  • Dan pada orang dewasa yang sudah berusia 26 – 64 tahun : 7 – 9 jam per hari
  • Di atas usia 65 tahun : 7 – 8 jam per hari

Bagaimana Bisa Tidur Mempengaruhi Tinggi Badan?

Bagaimana Bisa Tidur Mempengaruhi Tinggi Badan
https://doktersehat.com
Pada saat tidur hormon pertumbuhan diperoleh dari kelenjar hipofisis dalam otak menuju aliran darah dan dilepaskan sepanjang hari. Akan tetapi, masa pelepasan yang paling tepat sasaran ialah ketika tidur, tidak lama setelah kita tidur lelap.Hal ini berarti kalau durasi tidur yang pendek akan terjadi gangguan dikala tidur dan bisa mempengaruhi pelepasan hormon pertumbuhan karena kita membutuhkan waktu yang cukup untuk dapat mencapai tidur yang lebih dalam.Penelitian yang dikerjakan oleh Takahashi di tahun 1968 menampakkan apabila waktu tidur malam yang ditunda dan tidur malam yang tidak lelap alias sering terbangun, dapat menghambat puncak pelepasan dari hormon pertumbuhan tersebut.Selain itu, ada juga penelitian yang lain diterbitkan oleh jurnal Otolaryngology-Head and Neck Surgery di tahun 2010, menerangkan bila anak yang mengalami kekurangan hormon pertumbuhan ternyata ada kaitannya dengan kualitas tidur yang buruk serta memiliki badan yang lebih pendek.

Tips Bagaimana Cara Tidur Yang Baik Untuk Menambah Tinggi Badan?

Bagaimana Cara Tidur Yang Baik Untuk Menambah Tinggi Badan
https://hellosehat.com
Beberapa orang sering mengabaikan jika tidur yang baik juga dapat membuat tinggi badan semakin bertambah. Bagaimanakah cara tidur yang baik dan bagus untuk menambah tinggi badan?

1.Penuhi Kebutuhan Tidur Dengan Cukup

Tahukah Anda bahwa kualitas tidur manusia bisa mempengaruhi pertumbuhan hormon yang menyebabkan pertumbuhan tinggi badan? Human Growth Hormone yaitu hormon pertumbuhan manusia yang di ekskresikan ketika manusia sedang tidur nyenyak.Ketika kamu mencukupi kebutuhan tidur kamu, maka hormon HGH akan bekerja maksimal dan lama yang akan membantu pertumbuhan segera menjadi optimal.Untuk waktu tidur yang bagus merupakan sekitar 7 sampai 8 jam per hari seperti yang sudah dijelaskan tadi. Kualitas tidur ini harus sangat dijaga karena dampak kebanyakan tidur ada dan pengaruh kurang tidur malam juga ada.Akan tetapi, bagi Anda yang telah terlanjur terganggu untuk pola tidurnya, cara mengoreksi pola tidur ini bisa dipakai untuk mengembalikan kwalitas tidur yang sehat dan ideal waktu.

2. Posisi Tidur Yang Ideal

Posisi tidur sangat berakibat kepada hormon pertumbuhan. Kalau posisi tidur yang dilakukan salah, maka akan membikin performa hormon tidak stabil dan dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan.Tentunya kamu tidak ingin bukan bila kerja keras kamu dalam meninggikan badan tidak maksimal hanya sebab kesalahan dari posisi tidur.

Berikut ini posisi tidur tepat yang dapat kamu lakukan.

1.Meluruskan Tubuh

Meluruskan Tubuh
http://www.zonasatunews.com
Cara tidur yang benar agar pertumbuhan tinggi badan bagus dan teratur bisa dilakukan dengan meluruskan posisi punggung hingga ke kaki. Gunakan daerah tidur yang cenderung bertekstur keras.Dengan menggunakan tempat tidur empuk atau lembut bisa mengakibatkan punggung tenggelam terlalu dalam yang mana bisa menyebabkan tikungan di punggung yang bisa menghambat proses pertumbuhan.

2. Tengadah (Supinasi)

Tidur dengan muka yang menghadap ke atas atau yang umum kita kenal dengan posisi telentang sangat bagus kepada pertumbuhan serta menyusun badan agar tidak membungkuk.Ketika posisi tubuh tengadah, maka posisi tubuh sepantasnya orang yang berdiri tegak. Hindari posisi tubuh dengan melengkuk atau menekuk pada bagian kaki.

3. Telungkup (Pronasi)

Posisi ini bisa dilakukan dengan cara terbaring dengan posisi wajah menghadap pada bantal dengan badan yang tegak lurus. Dengan posisi tengkurap bisa mengasah pertumbuhan tinggi badan dan juga bisa memberikan kesehatan, terutama pada bagian sendi, lutut serta pinggang.

4. Miring Bersandar (Lateral)

Posisi miring bersandar ini ialah dilakukan dengan meringkuk ke samping serta diberikan tumpuan yang berat pada bahu dan bagian pinggul. Posisi ini menjadi salah satu posisi unggulan kebanyakan orang.Dengan tidur miring bersandar, tubuh akan terasa nyaman serta bisa membantu dari proses pertumbuhan tinggi badan.

5. Penggunaan Bantal Di Bawah Lutut

Manfaat menggunakan bantal di bawah lutut yaitu bisa membuat kondisi kaki terasa lebih santai yang dapat memicu hormon pertumbuhan bisa bekerja secara optimal.Penggunaan bantal juga diperlukan jika kamu tidur dengan posisi miring atau menyamping. Hal tersebut bertujuan agar posisi dari tulang tetap dalam situasi yang lurus.

6. Tidak Memakai Bantal

Tidak Memakai Bantal
https://glitzmedia.co
Mungkin seringkali Anda menjumpai seseorang yang susah tidur jika tidak menggunakan bantal besar dengan posisi yang tinggi. Perlu diketahui bahwa pemakaian bantal besar dengan posisi yang tinggi bisa berakibat kepada pertumbuhan badan.Bantal yang besar dapat menjadikan pernafasan sesak dan terhalang serta dapat membuat leher yang membungkuk ke depan dan punggung yang melengkung ke depan atau biasa diketahui dengan kifosis.Jikalau tidak terbiasa tidur dengan tanpa bantal, maka ada bagusnya untuk menggunakan bantal yang tipis ketika tidur. Tetapi untuk menciptakan pertumbuhan badan yang optimal, disarankan untuk tidur dengan tidak menggunakan bantal.

Lebih Efektif Dengan Tidur Siang Atau Tidur Malam?

Lebih Efektif Dengan Tidur Siang Atau Tidur Malam
https://hellosehat.com
Sebenarnya keduanya itu sangat tepat sasaran, tetapi fungsi atau tujuan kedua jenis tidur itu berbeda.Tidur siang dilakukan dengan tujuan agar mendapatkan rileks, ketenangan, produktivitas dan lain sebagainya yang mana hanya dilakukan cukup sebentar saja, tidak lebih dari 1 jam agar bisa melanjutkan aktifitas lagi dengan lebih baik.Tidur siang yang berkualitas juga sangat diperlukan. Untuk mendapatkan kualitas tidur siang, amati jam atau waktu tidur siang yang baik dan yang disarankan. Akan tetapi, tidur siang jangan berlebihan jangan terlalu lama agar kita bisa mendapatkan manfaat tersebut.Sedangkan, tidur malam merupakan waktu istirahat yang baik setelah sibuk berkerja atau berkesibukan seharian penuh dan tubuh serta otak memerlukan istirahat.Jadi, hormon pertumbuhan akan bekerja dengan maksimal ketika seseorang tidur malam, karena pada tidur malam kita dapat tidur secara dalam. Jadi, Jawabannya adalah tidur bisa menambah tinggi badan dengan baik, karena saat tidur, terutama tidur malam hormon pertumbuhan bekerja dengan optimal.Memang semuanya ada akibat positif dan negatifnya, untuk itu Anda juga harus mengenal seputar bahaya tidur tanpa bantal agar lebih lengkap pengetahuan perihal tidur yang bermutu.

Cara Untuk Mendukung Proses Pertumbuhan Tinggi Badan

Selain cara tidur yang bagus untuk menambah tinggi badan yang dapat Anda gunakan sebagai kebiasaan baik dan sehat.Selain tidur yang bagus dan benar, kamu juga seharusnya rutin melakukan olahraga dan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium serta zinc guna menunjang pertumbuhan tinggi badan.Konsumsilah sumber dari bahan makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi dan bahan makanan yang mengandung zinc. nah, salah satu suplemen yang mengandung kalsium dan zinc tinggi adalah suplemen tiens peninggi badanSesudah membaca tulisan ini, apakah masih meragukan manfaat hebat dari tidur siang dan tidur malam? Tubuh juga membutuhkan istirahat lho! Sudah tahukan tips BagaimanaCara Tidur Yang Baik Untuk Menambah Tinggi Badan? semoga bermanfaat yaa..Sumber :
  • perankesehatan.blogspot.com
  • https://halosehat.com
Dapatkan Harga Promo !KLIK DISINI WA OTOMATIS
WhatsApp chat