20 Jenis Makanan Penambah Tinggi Badan Untuk Anak Yang Cepat Dalam 1 Minggu

Inilah 20 Jenis Makanan Penambah Tinggi Badan Untuk Anak Yang Cepat Dalam 1 Minggu. Makanan peninggi badan yang bisa membantu pertumbuhan anak sering kali menjadi pertanyaan besar bagi banyak orang tua.

Tidak dapat dikesampingkan bahwa tinggi badan sering menjadi sorotan dalam pergaulan. Anak yang tinggi cenderung memiliki tingkat kepercayaan tinggi yang lebih.

Sedangkan, tinggi badan sendiri diberi pengaruh oleh faktor genetika. Sebagian penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal seperti olahraga, tidur cukup, dan nutrisi yang ideal, dapat membantu anak supaya tumbuh dengan maksimal.

Tubuh yang pendek juga bisa terjadi karena hasil dari pertumbuhan yang lambat karena nutrisi yang kurang memadai. Untuk itu mengatur pola makan yang setara sangat penting untuk meningkatkan proses pertumbuhan. Secara umum, tubuh memerlukan tiga jenis nutrisi ini untuk dapat membangun otot, ligamen, dan tendon yang kuat.

Beberapa nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi badan

nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tinggi badan
http://macrofag.blogspot.com
  • Protein

Ibarat bata bagi rumah, protein memang sangat penting untuk membentuk fondasi tubuh sehingga dapat membangun berbagai jaringan.

Protein memiliki kandungan asam amino yang dirancang dalam merangsang hormon pertumbuhan dan penting dalam menjaga kesehatan tulang, otot, jaringan, organ, kulit, dan gigi.

Kekurangan nutrisi protein bisa menyebabkan masalah kesehatan tubuh contohnya kehilangan massa otot, pertumbuhan abnormal, system kekebalan tubuh lemah, dan perkembangan mental yang tidak memadai.

  • Mineral

Makanan yang mengandung mineral seperti magnesium, fosfor, fluoride, yodium, zat besi, dan mangan juga memainkan peran penting dalam meningkatkan tinggi badan dan proses pertumbuhan anak. Sedangkan kalsium ialah mineral penting penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang yang kuat.

Minuman berkarbonasi (soda), garam yang berlebihan, gula berlebihan, lemak dan juga kopi wajib di hindari karena merupakan inhibitor kalsium (menghambat pencernaan kalsium), sehingga dapat memberi pengaruh pertumbuhan anak.

  • Vitamin

Vitamin D juga penting dalam perkembangan tulang kuat dan sehat. Kekurangan vitamin D bisa mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan tulang yang lemah. Bukan hanya itu, vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu penyerapan kalsium.

Terlepas dari vitamin D, vitamin lain seperti vitamin A, B11, B2 atau riboflavin, vitamin C dan vitamin F (fatty acid) juga dibutuhkan untuk pertumbuhan yang normal.

Dari ketiga nutrisi itulah proses pertumbuhan tinggi badan anak akan berkembang secara optimal. Tentunya dari hal tersebut harus disediakan makanan yang mengandung ketiga nutrisi tersebut setiap hari. Sehingga, pertumbuhan tinggi badan akan lebih maksimal.

Lalu, apasaja makanan dan minuman penambah tinggi badan untuk anak yang mengandung nutrisi tersebut? Coba baca penjelasannya dibawah ini dengan jelas.

Jenis Makanan Penambah Tinggi Badan Untuk Anak Yang Cepat

Berikut ialah beberapa macam makanan dan minuman penambah tinggi badan anak yang merupakan sumber dari nutrisi protein, mineral dan vitamin di atas. Apasaja itu?

  1. Minum Susu

Minum Susu
https://hellosehat.com

Susu merupakan minuman peninggi badan yang memberikan kalsium serta vitamin D. Susu mengandung vit A bisa menjaga kalsium dalam tubuh. Bagi remaja, konsumsi susu yang bebas/rendah lemak dan dengan kandungan nutrisi protein.

Susu dapat menambah tinggi badan dengan fungsinya meningkatkan pertumbuhan otot tanpa lemak dan membuat tulang lebih kuat. Selain itu, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak agar lebih kuat. Susu bukan menjadi substitusi makan, tetapi anak perlu melengkapinya dengan konsumsi susu. Pastikan dalam sehari anak meminum minimal dua gelas susu.

  1. Produk Olahan Susu

Selain susu, konsumsi juga produk susu lainnya untuk menerima efek optimal pada tinggi badan. Produk susu seperti keju dan yogurt yang kaya akan vitamin A, B, D, dan E juga mengandung protein dan kalsium.

nah, salah satu produk olahan susu yang dapat menamabah tinggi badan tanpa mengandung efek samping yang negatif yaitu produk susu tiens peninggi badan buatan perusahaan terkenal tianshi.

  1. Memakan Buah-buahan Dan Sayuran

Memakan Buah-buahan Dan Sayuran
https://hellosehat.com

Selain dapat membantu menambah tinggi badan, buah-buahan dan sayuran juga berperan penting dalam gaya hidup sehat. Karena merupakan sumber vitamin, serat, kalium, dan folat.

Buah-buahan seperti melon, jeruk, pepaya, mangga, markisa, semangka dan aprikot banyak mengandung vitamin A yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan jaringan.

Sedangkan, sayuran menjadi pilihan sehat untuk meningkatkan perkembangan anak. Makanan ini mengandung zat besi, magnesium, vitamin K, vitamin B, vitamin A dan beberapa mineral penting lainnya yang sangat berguna untuk menambah tinggi badan anak.

Sayuran seperti brokoli, bayam, kembang kol, kangkung, kacang-kacangan, wortel hingga bit bisa asupan nutrisi yang cukup untuk perkembangan tubuhnya. Vitamin A juga sangat penting untuk sintesis protein sedangkan vitamin K dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Berikan sayuran berbagai warna agar tetap sehat dan bisa mensupport pertumbuhan tinggi anak.

Karena sayuran dan buah-buahan juga dikenal memiliki vitamin dan antioksidan yang tinggi. Vitamin A bisa ditemukan dalam sayuran seperti wortel, kacang polong, labu, brokoli, bayam, kubis, ubi jalar.

Selain itu, kentang, jeruk berry, dan tomat juga memiliki kandungan vitamin C yang membantu pertumbuhan tulang yang sehat dan berkontribusi terhadap tinggi badan.

Selain itu, buah-buahan seperti jeruk, semangka, jambu biji serta buah naga bisa membantu meningkatkan metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

  1. Memakan Daging Ayam

Daging Ayam dan sapi
https://hellosehat.com

Daging ayam adalah salah satu sumber protein tertinggi di antara makanan hewani lainnya. Oleh karena itu, ayam menyediakan sejumlah besar protein bagi tubuh untuk membangun jaringan dan otot.

  1. Memakan Daging Sapi

Seperti ayam, daging sapi juga yakni sumber protein yang tinggi. Telor juga mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Tapi sebagai orang tua, Anda harus membatasi asupan makanan daging sapi pada anak. Karena mengonsumsi daging sapi yang terlalu banyak akan menyebabkan anak terkena penyakit kolesterol.

  1. Mengkonsumsi Pati Dan Biji-Bijian

Pati Dan Biji-Bijian
https://palembang.tribunnews.com

Pati dan biji-bijian adalah sumber karbohidrat yang baik untuk memasok daya dalam tubuh. Bukan itu saja, juga ada vit B, zat besi, serat, magnesium dan selenium.

Beras merah, jagung, roti gandum, dan pasta dari gandum utuh dapat memenuhi kalori yang dibutuhkan oleh anak-anak yang sedang tumbuh.

  1. Memakan Gandum Utuh

Biji-bijian disebut sumber protein yang tinggi, zat besi dan vit B. Semua kandungan tersebut dapat meningkatkan perkembangan anak dan meningkatkan metabolisme.

Oleh karena itu, bila Anda ingin menambah tinggi badan anak, karenanya sertakan gandum utuh atau biji-bijian dalam makanan sehari-hari. Salah satu caranya bisa beralih ke roti gandum, pasta dan juga sereal.

  1. Makan Telur

Telur
https://lifestyle.kompas.com

Protein telur jadi salah satu gizi yang sehat. Telur sangat mengandung protein yang diperlukan untuk pertumbuhan tinggi badan anak. Protein dihubungkan dengan pertumbuhan jaringan otot tanpa lemak dan membantu perkembangan anak secara keseluruhan.

Telur bisa di olah dalam berbagai macam olahan, digoreng, direbus atau dibuat campuran sup dan camilan. Telur dapat diolah juga dalam bermacam-macam olahan lauk, sup ayam, ayam goreng, ayam bakar yang bisa dipadukan dengan telur.

  1. Mengkonsumsi Kedelai

Kenapa kedelai termasuk makanan peninggi badan? Karena protein murni yang terkandung dalam kedelai dapat meningkatkan massa tulang dan jaringan. Bagi remaja yang sedang meningkatkan tinggi badan, disarankan untuk mengkonsumsi 50 gram kedelai setiap hari.

  1. Mengkonsumsi Oatmeal

Oatmeal juga adalah sumber dari protein nabati. Hal ini berguna meningkatkan massa otot dan mengurangi lemak. Selain itu, oatmeal juga baik sebagai sarapan setiap hari.

  1. Memakan Ikan Salmon dan Tuna

Ikan Salmon
https://hellosehat.com

Salah satu makanan peninggi badan terbaik merupakan ikan. Salmon dan tuna ialah dua jenis ikan yang sangat kaya akan vitamin D dan protein.

Untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak, orang tua semestinya mencoba memasukkan makanan peninggi badan diatas secara teratur dalam makanan anak. Anda dapat merencanakan dan menyiapkan menu makanan mereka dengan mengingat info di atas dalam pikiran.

Selain pola makan yang benar, mendukung anak Anda untuk aktif dan menghabiskan waktu di luar rumah juga penting. Kegiatan fisik yang memadai dapat berkontribusi dalam meningkatkan tinggi badan.

Oleh karena itu, tinggi badan hendaknya memang semestinya diperhatikan untuk mendapatkan tubuh yang ideal secara keseluruhan. Bagi anak yang kurang tinggi badannya kemudian bisa melaksanakan banyak aktifitas fisik agar tinggi badan bertambah.

Cara Menambah Tinggi Badan Untuk Anak Dalam 1 Minggu

Selain memakan makanan penambah tinggi badan anak yang dijelaskan diatas, ada juga cara meninggikan badan dengan cara alami, aman dan tanpa efek samping. Hal ini yaitu cara yang aman sebab tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang justru akan memberikan pengaruh atau efek samping.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, program dalam menambah tinggi badan bisa berjalan dengan maksimal hanya dalam 1 minggu saja. Nah, berikut ini cara menambah tinggi badan secara alami untuk anak dalam seminggu.

  1. Memenuhi kebutuhan asupan nutrisi

kebutuhan asupan nutrisi
https://www.nestlehealthscience.co.id

Langkah pertama cara meninggikan badan untuk anak ialah dengan memenuhi asupan gizi. Seperti yang dijelasakan sebelumnya, nutrisi memiliki peran penting untuk proses pertumbuhan seorang anak.

Kandungan nutrisi yang secara khusus untuk menunjang program penambah tinggi badan adalah protein, zat besi, kalsium, dan vitamin D seperti yang dijelaskan diatas.

Protein merupakan nutrisi yang benar-benar penting untuk mensupport pertumbuhan jaringan otot, organ, tulang, kulit, dan gigi. Bahan yang mengandung protein ialah daging ayam, daging sapi, telur, susu kedelai, oatmeal, ikan, susu, keju, dan lain-lain.

Sementara zat besi merupakan salah satu macam mineral yang sangat diperlukan tubuh untuk meningkatkan tinggi badan. Zat besi membantu penyusunan protein. Bahan yang mengandung zat besi ialah bayam, brokoli, kangkung, jeruk, bok choy, hati sapi, daging bebek, daging sapi, sarden, dan masih banyak lagi yang lain.

Nutrisi yang sangat penting berikutnya yakni kalsium. Kalsium ialah jenis mineral yang bekerja untuk membentuk tulang dan gigi Anak anda. Kalsium berperan sebagai zat yang bisa membantu perkembangan, memperkuat, dan memperpadat tulang ataupun gigi Anda.

Bahan yang mengandung kalsium merupakan susu, keju, yoghurt, sumsum tulang sapi, lobak, kol, bayam, brokoli, wijen, dan lainnya.

Vitamin yang paling bagus untuk membantu mendapatkan badan yang ideal adalah vitamin D. Vitamin D akan menolong peresapan kalsium yang diasup oleh tubuh. Selain itu, vitamin D dibutuhkan untuk meningkatkan tinggi badan sebab dapat menyusun tulang.

Bahan yang mengandung vitamin D adalah susu kedelai, sereal, tahu, tempe, almond, sosis, jamur, serta minyak ikan. Pastikan kamu makan dalam jumlah yang pas dengan protein, vitamin, dan kalsium yang seimbang.

  1. Memenuhi kebutuhan tidur yang cukup

kebutuhan tidur yang cukup
https://hellosehat.com

Pola tidur sangat mempengaruhi kesehatan tubuh. Pola tidur yang dianjurkan bagi anak-anak, berkisar antara 7-9 jam per hari.

Meskipun tidak ada kaitannya dengan cara meninggikan badan, pola makan dan pola tidur diukur penting. Karena sangat berakibat pada kesehatan secara umum yang dapat memungkinkan progres tumbuh kembang berlangsung secara maksimal.

  1. Lakukan beberapa latihan peregangan

latihan peregangan
https://hellosehat.com

Meskipun sederhana, gerakan peregangan adalah salah satu cara yang baik untuk menambah tinggi badan yang cukup tepat sasaran. Pasalnya, gerakan peregangan membuat tubuh menjadi beratensi dan membantu meluruskan bentuk tulang belakang.

Anak dapat melakukan gerakan peregangan seperti sky peregangan adalah peregangan simpel dan tepat sasaran. Caranya adalah berdiri lurus dan meregangkan setinggi mungkin tangan hingga jari-jari kaki yang juga ikut serta jinjit. Dilakukan selama 10 detik, dan ulangi sebanyak 5 kali.

Gerakan peregangan kedua yang bisa dilakukan yaitu Leg Stretch. Gerakan ini mewajibkan untuk duduk dan menempatkan kedua kaki di depan. Langkah berikutnya yaitu menjangkau dan menyentuh jari-jari kaki tanpa membungkuk.

Dapat dilakukan selama 10 detik, istirahat lalu ulangi lagi. Usahakan untuk melakukan gerakan tersebut setiap pagi sesudah sarapan atau sore hari agar tubuh tidak menjadi kaku dan lebih segar.

  1. Bersepeda

Bersepeda
https://www.jummakids.com

Bersepeda yaitu olahraga yang diminati oleh banyak orang. Latihan ini diketahui sebagai salah satu wujud olahraga yang murah dan bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Salah satunya merupakan menambah tinggi badan secara alami dalam 1 minggu. Caranya saat bersepeda, atur ketinggian tempat duduk sepeda dan biarkan jemari kaki yang bersentuhan dengan pedal sepeda. Hal ini akan menarik tulang-tulang untuk tumbuh.

  1. Berenang

Berenang dapat dipakai sebagai cara meninggikan badan dengan cepat. Anda dapat melatih anak untuk berenang dikarenakan berenang dapat melatih semua otot-otot tubuh sehingga membantu pertumbuhan tinggi.

Dengan berenang, hormon-hormon pertumbuhan akan terpicu untuk terus berproduksi. Latihan olahraga ini dapat dilakukan secara rutin untuk hasil optimal.

  1. Lompat tali

Lompat tali

Selain asyik dimainkan, lompat tali juga dimanfaatkan dalam menambah tinggi badan. Lompat tali dapat membantu mengoptimalkan tubuh supaya program meninggikan badan menjadi lebih efektif.

Dari gerakan lompat tali, otot kaki akan terstimulus sehingga tubuh akan menjadi lebih tinggi. Bisa dilakukan tiap-tiap hari selama 15 menit. Latihannya hanya perlu melompat-lompat saja. Hal yang mudah bukan? Selain itu juga dapat dilakukan di mana saja termasuk di rumah.

  1. Berayun

Olahraga ini memang mudah, cuma bermodalkan tiang untuk membendung beban tubuh. Anak hanya perlu mengendalikan bagian tiang horisontal, lalu tumpukan seluruh beban tubuh terhadap kedua tangan yang sedang mencengkeram tiang. Posisikan kedua kaki didepan dan mulai berayun. Lakukan secara rutin untuk hasil yang lebih cepat.

  1. Menghentikan kebiasaaan yang tidak sehat

Selain mengamati asupan gizi dan olah raga, hal lain yang perlu di lakukan untuk mengoptimalkan tinggi badan yaitu dengan menghentikan kebiasaan tidak sehat seperti kerap makan junkfood, mengonsumsi minuman yang mengandung kafein atau bahkan alkhohol.

  1. Menjaga Postur Tubuh

Menjaga Postur Tubuh

Cara menambah tinggi badan dengan cepat dalam 1 minggu yang terakhir yakni memperbaiki postur tubuh. Karena kebiasaan buruk yang anak lakukan sehari-hari tanpa sadar juga bisa membuat postur tubuh nampak pendek. cara duduk, berdiri, dan berjalan membungkuk.

Seperti kita ketahui, perawakan tubuh manusia akan memendek saat usianya bertambah tua. Ini sebab kepadatan tulang juga semakin menurun sehingga rangka tubuh tidak lagi sekuat dulu dalam menopang beban.

Atur perawakan tubuh supaya tulang belakang jadi lebih serasi sehingga dimasa depannya nanti anak memiliki perawakan tampak lebih tinggi semampai. Caranya dengan melakukan latihan yang dirancang untuk mengkoreksi postur tubuh.

BACA JUGA : apakah usia 22 tahun masih dapat bertambah tinggi

Itulah ulasan yang dapat kami jelaskan mengenai 20 Jenis Makanan Penambah Tinggi Badan Untuk Anak Yang Cepat Dalam 1 Minggu yang dapat anda berikan kepada anak. Semoga bisa bermanfaat yaa..

Sumber :

  • https://id.theasianparent.com
  • https://www.bantennews.co.id
  • https://food.detik.com

Klik Nama CS Kami ya... (Whatsapp otomatis)

Klik Disini WhatsApp Otomatis
PROMO GRATIS SKIPPING !KLIK DISINI WA OTOMATIS