11 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menghambat Tinggi Badan

11 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menghambat Tinggi Badan

Rate this post

11 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menghambat Tinggi Badan – Pola makan yang tidak sehat mempunyai kaitan yang sangat signifikan pada kondisi nutrisi. Oleh karena itu, bila pola makan tidak dikontrol dengan bagus, bisa berisiko menghalangi pertumbuhan tinggi badan.

Data yang dinyatakan WHO memperlihatkan, bahwa ada sekitar 178 juta anak di bawah usia lima tahun mengalami stunted (tubuh pendek) yang merupakan kondisi kegagalan pertumbuhan.

Hal ini diakibatkan kekurangan gizi kronis dan stunted tersebut menjadi indikator jangka panjang untuk kekurangan gizi. Dan ini pula yang menyebabkan kebanyakan negara – negara berkembang memiliki tinggi badan yang berbeda dengan negara – negara maju.

Salah satu penyebab terhambatnya pertumbuhan tinggi badan yakni kurangnya asupan vitamin dan mineral. Hal inilah yang harus dicermati bila ingin meninggikan badan dengan optimal.

Akan tetapi, dalam pemenuhan gizi setiap hari juga harus di teliti. Sebab ada beberapa makanan yang bila di konsumsi secara berlebih, bisa menghalangi penambah tinggi badan. Beberapa makanan tersebut tidak dapat melarutkan mineral tulang sehingga menghalangi pertumbuhan tulang.

Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menghambat Tinggi Badan

Berikut ini merupakan 4 makanan dan minuman yang berpotensi besar merusak tulang jika dikonsumsi secara berlebihan, diantaranya :

1.Memakan Makanan Dengan Garam Berlebih

Makanan Dengan Garam Berlebih
https://www.alodokter.com

Para spesialis gizi mengatakan, setiap 2.300 miligram sodium yang Anda konsumsi, dapat mengikis 40 miligram kalsium tubuh.

Sebuah studi juga membandingkan wanita pasca menopause yang makan dengan tinggi garam dan juga mereka yang tidak. Dan akhirnya mereka yang makan banyak garam kehilangan mineral tulang lebih banyak.

2. Meminum Soft Drink

Soft Drink
https://hellosehat.com

Soft drink atau minuman ringan bersoda dapat menghambat peninggi badan anda dan memunculkan bahaya double pada tulang Anda. Hal ini berasal dari asam fosfat, yang hingga tingkat di mana kalsium diekskresikan dalam urin.

Minuman ringan dan soda dapat memuaskan dan menghilangkan haus Anda. Akan tetapi, tidak memberikan gizi yang mungkin Anda temukan dari susu atau jus buah alami.

Mengganti soft drink dengan jus buah segar yang diperkaya kalsium dan vitamin D akan membantu mempertahankan kepadatan tulang Anda dan tentu saja dapat menambah tinggi badan anda.

3. Meminum Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol
https://hellosehat.com

Alkohol dapat menghalangi peresapan mineral pembentuk tulang yang Anda dapatkan langsung Anda makan. Minum alkohol dalam jumlah besar bisa mengganggu pelaksanaan pembentukan tulang dengan mencegah osteoblast dan sel-sel pembentuk tulang untuk menjalankan pekerjaan mereka.

Bukan hanya bisa melemahkan tulang, alkohol juga bisa menghalangi penyembuhan ketika Anda menderita patah tulang.

4. Banyak Makan Makanan Manis

Makanan Manis
https://hellosehat.com

“Kelebihan gula bisa menghambat penyerapan kalsium dan mengikis fosfor” ujar Shawn Smith, RD, LDN, direktur program pada layanan lansia di Massachusetts.

Sebagai gantinya, kalau Anda sangat gemar mengonsumsi makanan manis, Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan dan menghindari makanan olahan. Buah-buahan lebih kaya kalsium dan bisa menjadi antioksidan yang bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda dari serangan penyakit.

Jadi, jagalah kesehatan tulang Anda dengan mengonsumsi pelbagai makanan sehat dan batasilah konsumsi makanan dan minuman yang dapat melemahkan dan menurunkan kesehatan tulang Anda. Jadi, buat kalian yang ingin memiliki tinggi badan yang optimal, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebih ya. Karena bisa berdampak pada kinerja hormone pertumbuhan yang menjadi tidak maksimal

Hormon pertumbuhan manusia yaitu HGH (Human Growth Hormone) merupakan yang bertanggung jawab dalam menangani pertumbuhan tiap orang sejak kecil hingga tumbuh dewasa. Perbedaan tanggung jawab dari hormon ini terlihat saat usia manusia sudah dewasa, tugasnya tidak lagi menunjang pertumbuhan, namun menjaga organ tubuh agar tetap pada kondisi prima.

Hormon HGH diproduksi oleh kelenjar pituitary yang terletak di bawah otak manusia. Kelenjar ini berukuran kecil, bila diibaratkan hanya sebesar kacang kedelai. Memang kecil namun kelenjar pituitary merupakan pusat kelenjar yang paling banyak memproduksi hormon pada tubuh manusia. Produksi hormon HGH dapat mempengaruhi produksi hormon-hormon lain di dalam tubuh.

Karena HGH adalah hormon yang bertanggung jawab atas pertumbuhan tubuh manusia, maka bisa ditarik kesimpulan bila hormon pertumbuhan ini terproduksi dalam jumlah cukup, maka pertumbuhan Anda akan semakin baik, begitupun sebaliknya.

Untuk menjaga agar hormon ini tetap terporduksi dengan baik, Anda bisa melakukan olahraga atau aktivitas fisik, menjauhi konsumsi karbohidrat tinggi indeks glikemik, dan membiarkan tubuh mendapatkan hak untuk istirahat yang cukup.

Nah, selain dari ke 4 makanan penghambat pertumbuhan tinggi badan diatas, ada juga beberapa hal lain yang menjadi factor penghambat pertumbuhan tinggi badan manusia.

Faktor Yang Dapat Menghambat Pertumbuhan Tinggi Badan

Lain dari halnya makanan, factor sehari-hari juga dapat menghambat perutmbuhan tinggi badan. Akan tetapi, dengan mengatur kebiasaan sehari-hari, maka factor tersebut bisa diminimalisir. Apasaja factor tersebut? Coba baca penjelasannya berikut.

1.Kurangnya Asupan Makanan Bergizi

Asupan Makanan Bergizi

Tubuh memerlukan asupan makan bergizi karena nutrisi sangat berpengaruh bagi pertumbuhan tubuh. Gizi merupakan hal penting dalam pertumbuhan tulang oleh karenanya pada saat masih bayi, seorang ibu harus memberi asupan susu yang kaya akan kandunga gizi didalamnya.

Kurangnya asupan vitamin, mineral dan juga protein membuat hambatan yang sangat besar pada pertumbuhan tulang. Selain itu, anak pada jaman sekarang sangatlah dekat dengan makanan cepat saji padahal ini sangat tidak baik untuk tubuh.

2. Malas Dalam Melakukan Olahraga

Olahraga

Olahraga sangatlah penting bagi kesehatan tubuh dan pertumbuhan tinggi badan. Oleh karena itu selain asupan gizi yang kurang pada tubuhnya olahraga yang tidak optimal pun menjadi salah satu hambatan dalam pertumbuhan tinggi badan.

Jelas terlihat perbedaannya pada orang yang suka berolahraga seperti sprint (lari), renang atau basket, postur tubuh mereka akan jauh lebih tinggi dibandingan dengan orang yang tidak pernah berolahraga. Kurangnnya berolahraga akan memperlambat hormon pertumbuhan pada tubuh.

3. Memiliki Kebiasaan Merokok

Merokok
https://www.tribunnews.com

Selain memberikan banyak penyakit yang serius pada tubuh, merokok juga menyebabkan hormon pertumbuhan tidak bekerja dengan sempurna.

Sehingga akan menghambat proses pertumbuhan tinggi badan pada nantinya. Kegiatan negatif ini sangat merugikan diri sendiri bahkan orang lain yang ada disekitar si perokok.

Berdasarkan riset dari Columbia University’s Internet Health Resource mengatakan “mereka yang merokok atau perokok pasif, cenderung lebih pendek tinggi badannya dibanding mereka yang tidak merokok”.

4. Mengkonsumsi Alkohol Berlebih

Mengkonsumsi Alkohol Berlebih
https://www.alodokter.com

Berdasarkan Internasional Osteoporosis Foundation (IOF), kebiasaan tidak merokok dan menghindari mengkonsumsi alkohol berlebih merupakan gaya hidup yang penting dilakukan untuk melindungi tulang.

5. Memiliki Kebiasaan Begadang Tiap Malam

Begadang Tiap Malam

Menjadi “manusia nokturnal” terbukti bisa memperlambat tinggi badan. Seperti contohnya, hal ini dirasakan oleh seorang pria berusia 17 tahun yang saat ini sudah berusia 19 tahun.

Selama dua tahun tersebut dia selalu terbiasa menonton film di malam hari. Secara tidak sadar, kebiasaan tersebutlah menjadikannya berpostur lebih pendek dibanding teman-temannya bahkan yang berusia lebih muda darinya.

Mungkin keterangan tersebut tidak bisa dijadikan bukti kuat, tetapi coba Anda amati orang-orang yang hobi begadang, jarang dari mereka yang postur tubuhnya tinggi.

Alasan begadang dapat menghambat pertumbuhan tulang karena saat malam hari terutama bila tubuh sedang tidur, sel-sel di dalam tubuh yang sudah mati akan teregenerasi menjadi sel-sel baru. Selain itu, hormon pertumbuhan tinggi badan pun lebih banyak diproduksi saat tubuh beristirahat (tidur).

6. Sering Mengkonsumsi Soda dan Kafein Berlebih

Mengkonsumsi Soda dan Kafein Berlebih
https://surabaya.tribunnews.com

Selama lebih dari 15 tahun, serangkaian organisasi ilmiah dan organisasi advokasi pasien telah mempelajari apakah minuman bersoda yang mengandung fosfor atau kafein memiliki pengaruh terhadap kesehatan tulang dan menyimpulkan bahwa tidak ada efek negatif pada individu yang sehat, sejauh asupan kalsiumnya mencukupi.

Yang menjadi masalah adalah ketika seseorang mengkonsumsi soda dan kafein secara berlebihan dan kurangnya asupan nutrisi kalsium, vitamin D, vitamin K, Posfor itu bisa menghambat proses pembentukan tulang yang mana dalam hal ini bisa merusak struktur tulang dan kekurangan asupan nutrisi.

7. Pola Tidur Yang Tidak Teratur

Tidur Yang Tidak Teratur

Kafein bisa menjadi penghambat pertumbuhan tubuh karena menyebabkan kualitas tidur menjadi rendah. Kebiasaan begadang menyebabkan pola tidur menjadi tidak teratur akibatnya itu bisa memperlambat proses pertumbuhan tinggi badan.

Hormon pertumbuhan hanya dapat bekerja secara maksimal ketika seseorang tertidur, semakin baik kualitas tidur maka hormon pertumbuhan akan bekerja dengan optimal. Rata-rata tidur orang dewasa sekitar 6-8 jam dan anak-anak 10-12 jam, selain itu perhatikan juga pola tidur siang anda.

Nah, jadi sudah tahukan factor apasaja yang mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan. jadi sekrang yang perlu anda lakukan yaitu meminimalkan kebiasaan-kebiasaan yang sudah menjadi kegiatan sehari-hari tersebut.

Dengan demikian pertumbuhan tinggi badan anda akan segera terlihat dan menjadi optimal. hal ini juga tentu didukung dengan melakukan olahraga atau memakan makanan yang bernutrisi salah satunya mengkonsumsi susu peninggi badan tiens.

melakukan olahraga

Nah, olahraga yang disarankan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tinggi badan yaitu :

  1. Olahraga Berenang
  2. Olahraga Basket
  3. Olahraga Bersepeda
  4. Olahraga Sepakbola
  5. Olahraga Bulutangkis
  6. Bermain lompat tali
  7. Berlatih yoga
  8. Stretching
  9. Pull-up
  10. Squat Jump
  11. Postur Ular Kobra

Dengan berolahraga setiap hari sesuai dengan kemampuan anda, maka pertumbuhan tinggi badan akan bisa anda dapatkan dalam waktu yang cepat.

Itulah ulasan dari 4 Jenis Makanan Dan Minuman Yang Dapat Menghambat Tinggi Badan dan juga factor lain yang mempengaruhinya. Nah, untuk mendapatkan tinggi badan yang optimal, anda bisa memakan makanan bernutrisi dan berolahraga secara teratur dengan rutin. Semoga bermanfaat yaa.

Sumber :

  • https://herbalorapeninggibadan.weebly.com
  • http://satya-kumara.blogspot.com
  • https://www.bersosial.com
( Dapatkan Harga Promo ) Info & Order di WhatsAppChat Sekarang
WhatsApp chat