Selain Susu, Inidia 23 Makanan Yang Mengandung Kalsium Untuk Tinggi Badan

Selain Susu, Inidia 23 Makanan Yang Mengandung Kalsium Untuk Tinggi Badan

5 (100%) 1 vote

Selain Susu, Inidia 23 Makanan Yang Mengandung Kalsium Untuk Tinggi Badan – Kalsium adalah salah satu mineral yang sangat penting untuk pembentukan tulang dan gigi.

Bukan hanya itu, nutrisi kalsium juga sangat penting dalam kinerja otot, sel, dan saraf Anda. Saat Anda ditanya mengenai sumber kalsium, pasti yang ada di pikiran Anda ialah susu.

Meskipun, masih banyak sumber kalsium lain selain susu. Oleh karena itu, Anda tidak perlu kawatir mencari sumber kalsium untuk mencukupi kebutuhan kalsium Anda yang tinggi karena ada berbagai makanan yang tinggi akan kalsium.

Namun, sebelum diulas lebih jelas mengenai bahan makanan yang berkalsium tinggi, penting pula untuk diketahui bahwa jumlah asupan kalsium harian pada setiap orang berbeda, tergantung pada umur dan jenis kelaminnya.

Umumnya, jumlah asupan kalsium yang direkomendasikan untuk kategori usia dewasa adalah 1000 mg per hari.

Maka dari itu, jumlah asupan kalsium yang disarankan untuk wanita di atas 50 tahun dan pria di atas 70 tahun ialah 1.200 mg per hari. Untuk anak-anak berusia 9-18 tahun, jumlah yang direkomendasikan yakni 1.300 mg kalsium per hari.

Memang, sumber kalsium tinggi bisa dengan mudah Anda peroleh dari susu dan produk olahan susu. Akan tetapi, ada juga bermacam-macam sumber kalsium lainnya selain susu.

Makanan Yang Mengandung Kalsium Untuk Tinggi Badan
https://www.youtube.com

Anda hanya perlu mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi kebutuhan kalsium dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi.

Apakah anda ingin tahu beberapa makanan mengandung kalsium tinggi? Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Inidia 23 Makanan Yang Mengandung Kalsium Untuk Tinggi Badan

Keperluan kalsium harian dapat dicukupi kalau Anda sudah mengetahui beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi dan mengonsumsinya secara rutin.

Jika Anda mengkonsumsi makanan mengandung kalsium ini maka Anda tidak perlu kawatir untuk menyediakan sumber kalsium setiap hari. Apasaja makanan berkalsium tersebut? Coba simak penjelasannya.

  1. Ikan Teri kering

Ikan yang juga mengandung banyak kalsium yang sangat tinggi adalah ikan teri. Ikan teri mengandung kalsium yang terdapat dalam tulangnya.

Kandungan kalsium di dalam 100 gram teri kering ialah 1200 mg. Apabila Anda tidak suka minum susu maka Anda bisa menjadikan teri kering sebagai alternatif sumber kalsium.

Selain teri kering, ada pula beberapa ragam olahan teri yang juga mempunyai kandungan kalsium yang sangat banyak. Teri segar memang mengandung kalsium yang lebih rendah, sedangkan 500 mg melainkan teri kering mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi.

Kandungan kalsium pada teri kering ialah sebesar 4608 mg. sangat banyak bukan? Tidak heran jika ada orang-orang yang mulai menggunakan teri kering untuk dikonsumsi dalam rangka mencukupi dan menabung kalsium.

Jika Anda memakan ikan teri, Anda juga makan tulang ikan teri secara langsung. Dari sinilah Anda menerima asupan kalsium dalam ikan teri.

  • Ikan sarden

Anda mungkin tidak menduga bahwa di dalam sarden terdapat banyak kalsium. Ikan sarden ialah salah satu jenis makanan yang mempunyai kandungan nutrisi kalsium tinggi. Karena tulang yang umumnya masih terdapat dalam sarden kaleng dapat Anda makan.

Ikan sarden kalengan merupakan menu instan yang sangat mudah dikenalkan. Anda tidak perlu repot dalam mempersiapkan bumbu-bumbu untuk bisa mengkonsumsi resep ikan sarden yang nikmat.

Kelezatan pada bumbu dan daging ikan sarden kalengan kian lengkap dengan kandungan kalsium yang ada di dalamnya. Ikan sarden kalengan mengandung 354 mg kalsium per 100 gram berat bersihnya.

Kandungan kalsium yang cukup tinggi ini dikarenakan ikan sarden kalengan ialah menu ikan yang bisa dimakan bersama tulangnya. Sebagaimana sudah dikenal bahwa tulang ikan memiliki kandungan kalsium cukup banyak.

Inilah yang membuat sarden kaya akan kalsium. Jadi, jika Anda makan sarden kaleng, sebaiknya jangan singkirkan tulangnya namun Anda makan. Di dalam 60 gram  ikan sarden kalengan mempunyai kandungan nutrisi kalsium sebanyak 240 mg.

  • Ikan Mujair Goreng

Bila Anda tidak menyukai makan ikan sarden kalengan maka ada pilihan makanan mengandung kalsium yang lain namun masih berbahan ikan. Anda bisa mengonsumsi ikan goreng jenis tertentu, yakni seperti belut atau mujair.

Kandungan nutrisi kalsium yang ada dalam 100 gram belut goreng sebanyak 840 mg, sedangkan dalam ikan mujair goreng yang diolah menjadi dendeng sebanyak 3258 mg per 100 gram. Walau tidak dapat dimakan bersama tulang tetapi jenis ikan ini mengandung kalsium tinggi.

  • Udang kering

Udang memang sedap dikonsumsi dan digemari oleh banyak orang. Bukan hanya udang segar yang dapat diolah dengan lezat, udang kering telah mempunyai pecinta kulinter tertentu.

Bagi para pecinta kuliner yang menggunakan udang kering karenanya ada informasi baik. Berita baiknya yaitu udang kering termasuk makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kandungan kalsium pada udang kering sebanyak 1209 mg.

Bagaimana? Cukup besar bukan. Anda bisa menggunakan udang kering sebagai bahan utama maupun bahan pendamping untuk mencukupi kebutuhan kalsium harian Anda. Jadi, selain nikmat udang kering bahkan dapat menjadi teman untuk tulang Anda.

  • Daun Katuk

Makanan mengandung kalsium juga dapat berasal dari klasifikasi sayur-sayuran. Daun katuk adalah salah satu macam sayuran yang mengandung kalsium cukup banyak. Kandungan kalsium di dalam 100 gram daun katuk merupakan 204 mg.

Inilah kenapa daun katuk sangat baik dan sering disarankan untuk dikonsumsi oleh para ibu menyusui. Tetapi ini dikarenakan manfaat daun katuk tidak hanya bisa meningkatkan jumlah ASI namun juga dapat mencukupi kebutuhan kalsium ibu menyusui.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa ibu menyusui sudah banyak menggunakan cadangan kalsium pada tulang selama hamil. Kebutuhan kalsium ini lebih meningkat lagi saat masa menyusui. Akan tetapi, perlu diingat bahwa ibu hamil tidak boleh makan daun katuk.

  • Sayuran Bayam

Selain daun katuk, bayam juga ialah makanan mengandung kalsium yang berasal dari kategori sayur-sayuran. Sayuran hijau bayam ini mempunyai kandungan nutrisi kalsium yang cukup banyak untuk kelompok sayuran.

Kandungan kalsium pada bayam seperti bayam hijau ialah sebanyak 267 mg per 100 gram. Sedangkan, kandungan kalsium pada bayam merah lebih banyak ialah sebanyak 368 mg per 100 gram.

Makanan “Popeye” ini juga merupakan sumber kalsium yang baik. Dalam separuh gelas bayam (125 ml) terkandung kalsium sekitar 130 mg. Sama seperti sayuran brokoli, bayam juga mempunyai kandungan mineral dan vitamin lain, seperti zat besi, vitamin A, vitamin C, dan lainnya.

  • Yogurt

Sebagai produk bawaan susu, pastinya yogurt juga menjadi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kandungan kalsium di dalam 100 gram yogurt merupakan sebanyak 120 mg.

Anda perlu lebih akurat untuk mempunyai yogurt untuk dikonsumsi sebab kandungan kalsium pada tiap yogurt tidaklah. Jadi, periksa lagi fakta gizi pada yogrut tersebut.

  • Keju

Siapa yang menyukai keju? Apakah Anda termasuk orang yang menyukai mengkonsumsi keju. Tidak heran apabila banyak orang yang menyukai makan keju karena memiliki rasa gurih yang lezat. Selain enak dan lezat, keju juga memiliki kandungan nutrisi kalsium yang sangat banyak.

Hal ini cukup wajar sebab keju juga ialah produk bawaan dari susu. Kandungan kalsium pada keju yakni sebesar 777 mg per 100 gram keju. Namun, perlu diingat walaupun mengandung nutrisi kalsium yang tinggi, keju juga mempunyai kandungan lemak yang cukup banyak.

Jadi, jika Anda memiliki masalah terhadap berat badan atau sedang menjalani program diet menurunkan berat badan karenanya keju bukanlah sumber kalsium yang dapat dikonsumsi dalam jumlah banyak.

  • Kacang Kedelai

Kacang kedelai juga mengandung makanan mengandung kalsium. Dalam 100 gram kacang kedelai memiliki nutrisi kalsium sebanyak 222 mg. Olahan dari kacang kedelai adalah tahu dan tempe yang juga termasuk bahan makanan yang sangat mengandung kalsium.

Kandungan kalsium pada tempe ialah 155 mg dan pada tahu terdapat kalsium sebanyak 124 mg. Jumlah kalsium yang disebutkan yaitu kandungan kalsium per 100 gram bahan makanan tersebut.

Jadi, apabila Anda menyukai tempe atau tahu maka jumlah yang dapat dikonsumsi cukup banyak sehingga asupan kalsium bahkan dapat banyak masuk.

  • Coklat

Apakah Anda penggemar coklat? Coklat juga adalah makanan yang mengandung kalsium. Akan melainkan, pilihlah coklat susu merupakan coklat yang juga terbuat dari susu. Kandungan kalsium pada cokelat susu adalah 200 mg per 100 gram.

  • Rebon Kering

Makanan mengandung kalsium dari tipe seafood merupakan rebon. Ada juga jenis rebon, adalah rebon segar dan rebon kering. Rebon segar mengandung kalsium yang lebih rendah jikalau dibanding rebon kering tetapi konsisten mempunyai kandungan kalsium yang sangat tinggi.

Rebon segar mengandung kalsium sebanyak 757 mg per 100 gram, walaupun rebon kering mempunyai kandungan kalsium sebanyak 2306 mg. Anda dapat mengkonsumsi rebon kering dengan olahan resep yang menarik.

  • Kembang Tahu

Kembang tahu ialah makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kandungan kalsium pada 100 gram kembang tahu yaitu 378 mg. Jadi, apabila Anda suka nyemil kembang tahu maka Anda tidak hanya sedang memanjakan lidah namun juga mencukupi keperluan kalsium harian Anda.

  • Telur

Makanan yang satu ini pasti sering kali Anda dapatkan, baik dimakan segera atau diolah menjadi hidangan lain. Telor memang kaya akan gizi. Selain sebagai sumber nutrisi protein, telur juga sangat mengandung banyak kalsium. Dalam 1 butir telur yang besar, dengan berat 50 gram terkandung nutrisi kalsium sejumlah 27 mg.

  • Sayuran Brokoli

Selain sumber hewani, kalsium juga bisa Anda temukan dari sumber nabati. Kalsium dapat Anda peroleh dalam berjenis-jenis variasi sayuran hijau. Salah satunya merupakan brokoli. Selain kalsium, brokoli juga yakni sumber vitamin C yang baik. Dalam 120 gram brokoli mentah, Anda bisa mendapatkan 112 mg kalsium.

  • Sayuran Kale

Kale juga yakni salah satu sayuran berdaun hijau yang kaya akan kalsium. Selain itu, kale juga mengandung vitamin C, vitamin A, dan vitamin K. Dalam kale mentah sebanyak 50 gram terdapat kandungan nutrisi kalsium sebanyak 32 mg.

  • Sayuran Bokcoy

Sayuran ini mungkin sering kali Anda peroleh dalam masakan chinese. Bokcoy atau juga dinamakan ialah pakcoy menjadi salah satu sayuran berwarna hijau yang mengandung kalsium.

Dalam bokcoy mentah 50 gram terkandung nutrisi kalsium sebanyak 20 mg. Selain itu, bokcoy juga memiliki kandungan nutrisi mineral dan vitamin yang lain, seperti vitamin A, vitamin C, dan kalium.

  • Sayuran Lettuce

Anda mungkin menemukan sayuran yang satu ini di salad atau hiasan pada makanan. Namun, jangan salah karena ternyata lettuce mengandung nutrisi yang tidak kalah banyak dari sayuran hijau lainnya.

Anda dapat menerima kalsium dari lettuce. Dalam lettuce sebanyak 50 gram terdapat kandungan kalsium sebanyak 19 mg.

  • Edamame

Edamame adalah olahan dari kacang kedelai. Makanan dari kacang ini juga mengandung kalsium dan juga tinggi protein.

Sebanyak sembilan asam amino esensial terkandung dalam edamame. Edamame juga mengandung serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan Anda.

  • Kacang almond

Sebagian besar dari Anda mungkin sangat menyukai kacang ini. Kacang almond adalah salah satu kacang yang banyak mengandung nutrisi. Selain sumber nutrisi kalsium, kacang almond juga terbukti sangat mengandung nutrisi protein yang tinggi, vitamin E, dan kalium.

Selain itu, kacang ini juga mengandung lemak, tetapi jenis lemak yang terkandung yakni lemak baik yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dalam kacang almond sebanyak 30 gram terkandung nutrisi kalsium sebanyak 75 mg.

Selain memiliki kandungan kalsium kacang almond juga mengandung zat besi. Taburkan kacang almond kedalam hidangan makanan yang dikonsumsi sehari-hari untuk mencukupi keperluan kalsium harian anda.

  • Buah Jeruk

Selama ini mungkin Anda hanya menyangka bahwa jeruk sumber vitamin C. Namun, lebih dari itu terbukti jeruk juga ialah sumber kalsium. Dalam jeruk sebanyak 150 gram terkandung nutrisi sebanyak 60 mg kalsium.

Buah lain juga ada yang mengandung kalsium tetapi tidak sebanyak jeruk, seperti buah pisang, apel, dan raisin (anggur kering).

  • Sawi putih

Untuk takaran 1 cup sawi putih memiliki kandungan 197mg kalsium. Sayuran berdaun putih kehijauan ini mengandung kalsium, antioksidan dan folat yang bisa membantu meningkatkan mood. Jadikan tumisan sebagai menu hidangan.

  • Rumput laut

Satu mangkok rumput laut mengandung 126mg kalsium. Tidak hanya ikan yang ada di laut yang dapat dibuat sumber kalsium, tanaman yang tumbuh di air laut ini juga tidak kalah saing.

Rumput laut mempunyai kandungan kalsium yang tinggi, serat dan yodium yang bisa membantu mengerjakan fungsi tiroid dengan baik.

  • Oatmeal instan

Dalam satu cup oatmeal mengandung 187mg. Banyak sekali variasi sereal dan biji-bijian yang sekarang telah dimodifikasi termasuk menu sarapan pagi Oatmeal ini.

Oatmeal instan mempunyai kandungan kalsium dan serat yang tinggi. Selain mudah cara penyajiannya oatmeal juga memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Baca artikel lain : makanan peninggi badan untuk anak

selain dari berbagai makanan diatas, namun jangan sampai anda lupa dengan meminum segelas susu. karena susu merupakan sumber kalsium tertinggi. nah, susu yang disarankan yaitu susu tinggi badan tiens. susu ini sangat baik untuk mendukung proses pertumbuhan tulang tanpa ada efek sampingnya.

Nah, dengan membaca penjelasan diatas, anda sudah tahukan 2 Makanan Yang Mengandung Kalsium Untuk Tinggi Badan selain susu kalsium. Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua yaa..

Sumber :

  • https://hellosehat.com
  • https://doktersehat.com
  • https://kaltim.tribunnews.com
( Dapatkan Harga Promo ) Info & Order di WhatsAppChat Sekarang
WhatsApp chat