20 Olahraga Yang Efektif Dapat Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat

20 Olahraga Yang Efektif Dapat Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat

Rate this post

19 Olahraga Yang Efektif Dapat Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat Secara Alami – Memiliki tinggi badan yang tepat ialah kemauan hampir tiap orang. Akan tetapi, tidak semua orang dianugerahi tinggi badan yang pas tersebut. Hal ini tak lepas dari pengaruh unsur genetik.

Oleh Karena itu, dengan memiliki kedua orangtua yang berbadan tinggi merupakan suatu anugrah, sebab genetik sangat berperan dalam menentukan tinggi badan.

Tetapi, bagi Anda yang tidak mempunyai faktor genetika tersebut, janganlah khawatir, karena faktor lingkungan juga berperan sama seperti dengan factor genetika. Anda dapat memanfaatkan berbagai macam gizi dalam makanan dan juga beraneka olahraga untuk menambah tinggi badan.

Namun, tidak semua orang menyenangi berolahraga, namun semua orang pasti mendambakan berat dan tinggi badan yang pas. Bagaimana bisa Anda mendapat bentuk tubuh yang tepat bila malas berolahraga?

Olahraga yaitu kunci keberhasilan dalam menurunkan berat badan atau program meninggikan badan. Tanpa olahraga, Anda tidak akan memiliki tubuh yang tepat, langsing, dan tinggi semampai.

Nah, disini akan dijelaskan mengenai olahraga peninggi badan yang bisa Anda lakukan setiap hari. Gerakan olahraga ringan dan sederhana berikut ini dapat menjadi solusi untuk meninggikan badan secara cepat secara alami

Olahraga Yang Bisa Efektif Menambah Tinggi Badan Untuk Anak Dengan Cepat

Cara menambah tinggi badan ini bisa dilakukan oleh anak dan remaja yang mempunyai tubuh pendek agar bisa tinggi di masa depannya nanti. Salah satu cara meninggikan badan dengan melakukan olahraga peninggi badan, yaitu :

  1. Berolahraga Renang

Berolahraga Renang
https://manfaat.co.id

Berenang merupakan kunci untuk mempunyai fisik dan pikiran yang sehat sekaligus tepat sasaran untuk pertumbuhan otot ataupun tinggi badan anak.

Berenang ialah olahraga yang banyak membantu dalam mendapatkan tubuh yang tinggi. Seperti misalnya perenang di seluruh dunia memiliki tubuh yang ramping dan tinggi (dengan tubuh bagian atas yang lebih panjang dibandingkan dengan bagian bawah tubuh).

Hal itu disebabkan berenang dapat membantu untuk memperkuat tulang belakang tubuh Anak dan membantu untuk mencapai postur tubuh yang bagus. Oleh sebab itu, berenang merupakan salah satu cara yang bisa membuat tubuh kita lebih tinggi.

Ketika berenang, semua otot tubuh Anak akan bergerak. Selain itu, akan mengambang secara horizontal di air. Bergerak dalam air dibutuhkan usaha yang lebih besar jika dibandingkan dengan bergerak di udara, dan dengan bergerak secara horizontal Anak telah melawan gravitasi.

Hal ini berarti dada dan tubuh bagian atas secara konstan melakukan peregangan dan kontraksi yang bisa meningkatkan pertumbuhan tubuh bagian atas.nah, daftarkan anak mengikuti kursus renang dan berikan dia aksesori untuk membantunya tetap aman saat di kolam renang.

  1. Bermain Basket

basket anak
https://tokolahraga.com

Hal yang sering kali kita dengar bahwa olahraga basket bisa membuat anak menjadi cepat tinggi terbukti benar adanya. Basket merupakan salah satu olahraga terbaik untuk meningkatkan hormon pertumbuhan yang dapat membuat anak cepat tinggi.

Permainan bola basket membuat Anak berlari dan melompat. Dikala tubuh berlari dan melompat secara konstan, lempeng pertumbuhan Anak akan mengalami serangkaian guncangan. Hal ini bisa menyebabkan banyaknya aliran darah ke dalam lempeng tersebut yang membantu merangsang pertumbuhan hingga mencapai tinggi optimal.

Saat bermain basket, seorang atlet wajib melompat sepanjang waktu untuk slam dunk, melempar bola, serta mengambil bola dari lawan.

Loncatan secara refleks ini membuat tubuh “terbang” secara vertikal di udara dan melawan gravitasi bumi. Hal inilah yang mengakibatkan peregangan otot, dan ketika menyentuh tanah, tubuh akan mengalami kontraksi. Oleh karena itu menjadikan otot dan tulang tumbuh lebih tinggi.

Kelebihan lain dari olahraga basket ialah memacu kecakapan kognitif anak, kesadaran spasial, serta belajar kerjasama tim. Yuk, ajari bermain bola basket dan ajak anak bermain bersama.

  1. Peregangan Simpel (Stretching)

Stretching
https://hellosehat.com

Olahraga ini mungkin tampak simpel namun efektif membantu anak tumbuh tinggi. Meminta anak untuk berdiri dengan punggung searah tembok. Kemudian, ia harus mengangkat kedua tangannya ke atas tinggi-tinggi sambil meregangkan badan. Hal lain yaitu dengan duduk di lantai sambil meluruskan kedua kaki lalu minta anak meraba ujung jari kakinya dengan tangan.

Peregangan seperti ini baik untuk sirkulasi darah, mengatur metabolisme, dan memicu hormon pertumbuhan pada anak.

  1. Lari Pagi (Jogging)

Jogging
https://www.beritasatu.com

Lari juga yaitu salah satu olahraga yang baik untuk membuat otot-otot pada tubuh anak bergerak dan tumbuh. Orang tua dapat bergabung untuk bermain kejar-kejaran dengan anak di taman.

Hal ini juga dapat menjadi cara yang bagus untuk menjaga kebugaran Anda. Bonusnya, siapa tahu angka di timbangan juga ikutan turun.

  1. Bermain Lompat Tali

Lompat Tali pada anak
http://www.mendetail.com

Lompat tali merupakan olahraga yang dapat membantu pertumbuhan anak. Karena bila dia sering kali melompat, tubuhnya mengalami peregangan dan ini akan menambah tinggi badan anak.

Lompat tali yaitu olahraga peninggi badan yang paling hemat. Bila tidak mempunyai tali untuk bermain, pakailah karet gelang hingga menyusun tali yang cukup panjang untuk menunjang olahraga ini.

Lakukan skipping di luar ruangan karena bila Anda menjalankannya di dalam ruangan, karenanya berisiko tali mengenai benda-benda di sekitar.

Durasi yang tepat untuk melakukan lompat tali bagi pemula merupakan 10 menit. Namun bila telah mulai terbiasa, tambah durasi lompati tali sampai 15-20 menit tiap hari.

  1. Yoga Surya Namaskar

Yoga Surya Namaskar
https://mommyasia.id

Lakukan rangkaian gerakan Surya Namaskar bersama anak tiap-tiap pagi. Tidak merupakan metode yang indah untuk mengawali hari.

Gerakan yoga tidak hanya membantunya tumbuh tinggi juga sekaligus melatih pernapasan anak. Meminta anak untuk menarik napas dalam-dalam dan menghirup udara lewat satu lubang hidung pada satu waktu.

Latihan pernafasan ini akan merangsang fungsi sel dan jaringan tubuh sehingga mensupport pertumbuhan tinggi badan anak.

  1. Bergelantungan

Bergelantungan
https://travel.detik.com

Saat bertumpu, gravitasi membantu anak untuk menarik tulangnya, secara khusus tulang belakang ke bawah yang menyebabkannya meregang dan memanjang.

Selain itu, gerakan pull-ups dan chin ups juga dapat menciptakan tubuh lebih berotot. Oleh karena itu, ajak anak melakukan olahraga ini agar tubuhnya cepat tinggi.

Namun pada umumnya, tubuh mengalami pertumbuhan tinggi dengan cepat ketika umur 12 sampai 18 tahun. Setelah seorang remaja memasuki usia 20 tahunan, menambah tinggi badan sangat cukup sulit dilakukan.

Pemahaman ini terbukti salah, sebab kamu masih bisa menambah tinggi badan meski telah menjelang usia 18 tahun keatas.

Seperti yang dijelaskan diatsa, tinggi badan memang dipengaruhi oleh faktor genetik, akan tetapi sebenarnya kamu tetap dapat menambah tinggi badan dengan cara meninggikan badan dengan pas dengan berolahraga.

Olahraga Terbukti Efektif Dapat Menambah Tinggi Badan Untuk Dewasa Secara Alami

Nah, olahraga diklaim tepat dalam membantu seseorang untuk menambah tinggi badan diusia 18 tahun. Berikut ini tipe olahraga untuk meninggikan badan yang bisa Anda coba lakukan.

  1. Bermain Basket

Basket
https://www.farmasi.asia

Semua orang sepakat kalau olahraga yang berasal dari Amerika Serikat ini dapat membuat tinggi badan bertambah. Bagaimana tidak? Basket terdiri dari dua gerakan utama yaitu melompat dan berlari.

Kedua gerakan yang dilakukan secara konstan selama permainan berlangsung tersebut secara langsung menyebabkan lempeng pertumbuhan mengalami guncangan. Efeknya, lempeng akan teraliri banyak darah yang mana hal ini dapat menstimulasi pertumbuhan.

Selain itu, gerakan meloncat yang dilakukan dikala sedang shooting, atau blocking bola dari lawan, akan menyebabkan otot meregang, dan berkontraksi ketika kembali menapak. Selain itu juga menstimulus tulang untuk tumbuh.

  1. Olahraga Bersepeda

Bersepeda
https://lifestyle.okezone.com

Selain bermanfaat untuk menambah stamina dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru, bersepeda juga disinyalir menjadi cara meninggikan badan yang efektif.

Gerakan mengayuh sepeda secara tidak langsung meningkatkan pasokan darah ke otot paha dan lutut sehingga merangsang pertumbuhan tulang. Di samping itu, bersepeda membuat aliran oksigen ke semua bagian tubuh berjalan lancar yang menyebabkan tubuh bagian atas menjadi lebih kuat.

  1. Olahraga Berenang
Berenang
https://health.detik.com

Dapat mengobrol mengenai apa saja olahraga peninggi badan, maka renang dipastikan menjadi salah satu di antaranya. Saat kita lihat, atlet renang atau mereka yang gemar melakukan variasi olahraga air ini kebanyakan memiliki perawakan tubuh yang panjang, terutama tubuh bagian atas.

Berenang memiliki gerakan yang dapat membantu memperkuat dan menstimulasi pertumbuhan tulang belakang. Saat berenang, otot tubuh akan bergerak dan Anda akan melakukan gerakan horizontal.

Selain memerlukan usaha lebih, gerak di dalam air juga melawan gravitasi sehingga menyebabkan otot di bagian dada meregang dan berkontraksi. Itulah mengapa berenang bisa menstimulus pertumbuhan, terlebih di tubuh bagian atas.

  1. Lompat Tali (Skipping)
Lompat Tali pada remaja
https://www.liputan6.com

Lompat tali merupakan metode meninggikan badan dengan olahraga yang cukup sederhana sebab bisa dijalankan dimana saja. Anda juga cuma memerlukan tali khusus (dapat dibeli di toko kelengkapan olahraga) dan menggunakannya secara tetap.

Akibat lompat tali akan membuat otot tubuh, secara khusus di bagian kaki, meregang dan berkontraksi. Selain itu, gerakan ini akan menjadikan hormon pertumbuhan di seluruh tubuh.

Anda yang tidak memiliki skill berenang atau bermain basket, bisa mencoba olahraga peninggi badan ini untuk meninggikan tubuh secara cepat dan tepat sasaran.

  1. Bermain Sepakbola
Sepakbola
https://www.merdeka.com

Olahraga yang sangat populer di dunia ini ternyata juga sangat efektif dalam membantu pertumbuhan tinggi badan supaya bertambah. Sama seperti basket, sepakbola terdiri dari gerakan-gerakan seperti lari dan melompat yang membuat lempeng pertumbuhan teraliri darah dan oksigen sehingga menstimulasi pertumbuhan tinggi badan secara cepat.

  1. Berlatih Yoga
Yoga
https://www.alodokter.com

Sejumlah gerakan atau pose dalam yoga ditengarai berakibat dalam merangsang pertumbuhan tulang. Gerakan tersebut di antaranya triangle, mountain, tree, chakrasana, surya namaskar, dan adho mukha syanasana.

Selain itu, yoga yang bersifat sebagai penghilang stress juga dapat membuat otot dan sendi menjadi lebih rileks. Hal itu saja sangat baik karena otot dan sendi dalam situasi rileks dapat memperlancar aliran hormon pertumbuhan.

  1. Bermain Bulutangkis
Bulutangkis
https://www.liputan6.com

Olahraga bulutangkis menjadi cabang olahraga andalan Indonesia di tiap-tiap pentas dunia seperti olimpiade dan Asian Games. Nah, kita semua tahu bila bulutangkis (badminton) banyak diisi oleh gerakan melompat.

Hal ini tentu saja menjadikan bulutangkis sebagai olahraga peninggi badan yang mesti Anda coba bila berkeinginan tinggi badan naik secara cepat.

Selain olahraga dalam bentuk permainan, cara meninggikan badan diusia 18 tahun juga dapat dilakukan dengan gerakan olahraga meninggikan badan, seperti :

  1. Pull-up
Pull-up
https://www.crossfit.com

Pull-up atau bergelantungan memakai media palang dan sejenisnya bermanfaat untuk memanjangkan, dan meluruskan tulang belakang. Untuk memperoleh hasil yang terbaik, baiknya lakukan latihan olahraga pull-up tiap 10 menit sekali sebanyak 10 kali dalam sehari.

  1. Squat Jump
Squat Jump
https://halosehat.com/

Squat jump yang dapat dikerjakan dengan mudah ini menjadi gerakan olahraga meninggikan badan selanjutnya yang patut dicoba. Selain dapat melatih otot, gerakan pada squat jump juga sangat berkaitan dengan bagaimana tulang bisa terstimulasi untuk tumbuh.

Caranya memang mudah, namun Anda tidak bisa melakukan olahraga peninggi badan ini secara sembarangan, bila ingin hasil yang jelas. Cara melakukan squat jump yang benar yaitu:

  • Tubuh dalam situasi berdiri tegak dengan kaki agak terbuka
  • Letakkan kedua tangan di belakang kepala
  • Ambil posisi jongkok secara perlahan
  • Bisa posisi jongkok tersebut selama kurang lebih 30 detik
  • Lompat lalu kemudian kembali lagi ke posisi jongkok
  1. Stretching
Stretching
https://www.healthline.com

Gerakan olahraga stretching atau meregangkan tubuh biasanya dilakukan sebagai wujud pemanasan (warm up) sebelum melakukan aktivitas olahraga sebenarnya seperti bermain sepakbola atau renang. Siapa sangka, stretching rupanya juga termasuk gerakan olahraga peninggi badan.

Cara meninggikan badan melalui gerakan olahraga stretching ada berjenis-jenis ragam, salah satunya cobra stretching. Pertama-tama, posisikan tubuh dalam kondisi tengkurap.

Setelah itu, angkat tubuh bagian atas secara pelan dan kepala menghadap ke atas. Gerakan seperti ini dipercaya sanggup merangsang pertumbuhan badan.

  1. Mencium Lutut
Mencium Lutut
https://iyakan.net

Gerakan olahraga peninggi badan yang berikut ini mungkin sedikit sulit bagi orang yang belum terbiasa. Pasalnya, gerakan ini mewajibkan Anda untuk duduk di lantai dengan kedua kaki lurus ke depan, lalu tubuh membungkuk ke depan seolah-olah akan mencium lutut.

Mengingat posisi ini mengharuskan kedua lutut tetap lurus dan melekat pada lantai, mungkin bagian paha dan pinggang akan sedikit sakit saat menjalankannya. Anda perlu membiasakan diri untuk mengerjakan latihan ini.

Apabila sudah terbiasa, lakukan olahraga ini selama 10 menit setiap hari. Dijamin, tinggi badan Anda akan bertambah meski tak terlalu signifikan.

  1. Peragaan Ular Kobra
Peragaan Ular Kobra
https://mommyasia.id

Peragaan ular kobra sebenarnya adalah salah satu gaya yoga. Tapi Anda tidak perlu melakukan semua gerakan yoga secara keseluruhan, cukup lakukan postur ular kobra saja jikalau ingin menambah tinggi badan.

Cara melakukan perawakan ular kobra adalah meringkuk telungkup di lantai seperti hendak melakukan push up, pandangan ke bawah, dan kedua telapak tangan bergantung ke lantai selebar bahu.

Dorong tubuh menggunakan kedua tangan sehingga tubuh melengkung, lemaskan kedua kaki dan Anda akan menikmati tulang punggung belakang sedikit meregang.

Lakukan Gerakan olahraga menambah tinggi badan ini sebelum tidur

Apakah Orang Dewasa Usia 20 Tahun Keatas Masih Bisa Tinggi Dengan Olahraga?

Orang Dewasa Masih Bisa Tinggi Dengan Olahraga
https://ceritamedan.com

Pertumbuhan tinggi badan akan berhenti dikala lempeng pertumbuhan (epifisis) sudah tertutup. Pada pria, keadaan ini terjadi dikala berusia 20 tahun, sedangkan wanita 16-19 tahun.

Oleh karena itu, bila saat ini Anda sudah berusia 20 tahun ke atas, kemungkinan tubuh akan bertambah tinggi memang susah. Tapi jika tulang epifisisnya belum menutup maka masih ada harapan untuk bisa menambah tinggi

Selain dengan olahraga peninggi badan seperti yang sudah disebutkan di atas. Anda juga bisa dengan imbangi aktifitas tersebut dengan asupan nutrisi dengan minuman dan makanan yang bisa menambah tinggi badan, seperti:

Selain itu, perbaiki juga gaya hidup Anda yang bisa mengganggu kesehatan seperti merokok, kurang, tidur, dan mengonsumsi alkohol. Terakhir, anda dapat memaksimalkannya dengan mengkonsumsi suplemen peninggi badan tiens yang terbukti bisa menambah tinggi badan dan aman dikonsumsi tanpa mengandung efek samping.

Nah, itulah penjelasan yang dapat menjadi pengetahuan anda seputar Olahraga Yang Bisa Menambah Tinggi Badan. Semoga bermanfaat yaa!

Sumber :

  • https://hellosehat.com
  • https://doktersehat.com
  • https://bacaterus.com
  • https://id.theasianparent.com
( Dapatkan Harga Promo ) Info & Order di WhatsAppChat Sekarang
WhatsApp chat